Penggunaan Komponen Elektronik LM2956 Untuk Meningkatkan Unjuk Kerja Dye Sensitizied Solar Cell (DSSC) dengan Kulit Buah Duwet Pada aplikasi Power Charger

Novyer, Harun (2017) Penggunaan Komponen Elektronik LM2956 Untuk Meningkatkan Unjuk Kerja Dye Sensitizied Solar Cell (DSSC) dengan Kulit Buah Duwet Pada aplikasi Power Charger. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak(1).pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Konversi energi surya menjadi energi listrik merupakan solusi yang ideal untuk menghasilkan energi yang bersih dan murah. Selain mudah diperoleh ketersediaan energi surya sangat melimpah. Potensi energi surya di Indonesia yaitu sekitar 4,8 KWh/m2/hari. Namun berdasarkan data dari Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia, pemanfaatan energi surya sekitar 8 MW dengan menggunakan panel surya[1]. Panel surya merupakan teknologi fotovoltaik yang telah berkembang selama ini, tetapi karena mahalnya biaya produksi sehingga banyak ahli mengembangkan suatu alat yang lebih murah biaya produksinya. Salah satunya yaitu dye sensitizied solar cell yang dikembangkan oleh Gratzel dkk sejak pertengahan tahun 1980. Dye-sensitized solar cell (DSSC) merupakan sel surya yang berbasis fotoelektrokimia dimana proses absorbsi cahaya dilakukan oleh bahan organik molekul dye dan proses separasi muatan oleh bahan anorganik semikonduktor TiO2. Pada alat Dye-sensitized solar cell (DSSC) masih terdapat kekurangan seperti arus yang dihasilkan masih rendah. Maka dari itu untuk meningkatkan unjuk kerja Dye-sensitized solar cell (DSSC) pada aplikasi power charger digunakan sebuah komponen elektronik LM2956. Pada penelitian ini dilakukan pembuatan DSSC dengan menggunakan dye dari ekstraksi kulit buah duwet sebagai absorber. Sebagai penghantar elektron digunakan elektrolit padat berupa KI/I2 dan kitosan. DSSC akan dirangkai dengan komponen elektronik LM2956 yang bertujuan untuk meningkatkan kerja DSSC pada aplikasi power charger menjadi lebih baik. Dari data penelitian, DSSC dapat mengkonversi energi surya menjadi energi listrik dengan tegangan maksimum tanpa LM2956 sebesar 3560 mV dan arus maksimum sebesar 0,01 mA. Tegangan maksimum menggunakan LM2956 sebesar 900 mV dan arus maksimum 0,15 mA. Pengisian baterai oleh DSSC dalam waktu ±2,5 jam dengan menggunakan komponen LM2956 dan tanpa LM2956 sebesar 60 mV dan 40 mV dengan efisiensi power charger sebesar 4,85%. Kata kunci : Dye-sensitized solar cell (DSSC), Titanium dioxide(TiO2), dye, Komponen LM2956, baterai rechargeable.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 22 Feb 2017 04:36
Last Modified: 22 Feb 2017 04:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/21685

Actions (login required)

View Item View Item