Perda PEMKO Padang: kajian Analisis Wacana

Fertuna, Fertuna (2016) Perda PEMKO Padang: kajian Analisis Wacana. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I-FILE 2.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR FILE 3.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA FILE 4.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img] Text (Tesis Fulltext)
TESIS KESELURUHAN 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari penggunaan iklan oleh lembaga pemerintahan Kota Padang. Penggunaan iklan tersebut digunakan untuk mensosialisasikan program-program, rencana-rencana kerja, dan peraturan-peraturan untuk masyarakat Kota Padang. Permasalahan timbul jika yang diiklankan adalah sebuah produk hukum berupa peraturan daerah (PERDA). Penggunaan iklan untuk perda tidak hanya bertujuan untuk mengenalkan sebuah produk hukum, akan tetapi juga untuk memerintah, memperingatkan, mengimbau, menganjurkan, dan mengancam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana tipe tindak tutur, fungsi, dan makna bahasa dalam iklan perda Pemko Padang dengan menggunakan pendekatan analisis wacana. Objek penelitian ini adalah iklan perda Pemko Padang yang tergabung dalam iklan below the line. Iklan below the line adalah iklan-iklan yang ditempatkan diluar ruangan seperti baliho, papan reklame, spanduk, poster. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari sumbernya. Data primer tersebut dikumpulkan dengan menggunakan metode simak dengan teknik sadap dan catat. Data primer yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode padan dan metode agih berupa teknik bagi unsur langsung dan markah. Temuan penelitian yang diperoleh adalah (1) tipe tindak tutur yang terdapat dalam iklan perda Pemko Padang berupa tindak tutur langsung, tindak tutur tidak langsung, dan tindak tutur literal. Jenis-jenis tindak tutur tersebut dihasilkan karena penggunaan modus-modus bahasa, (2) Fungsi bahasa yang ditemukan dalam iklan perda Pemko Padang adalah Fungsi informasional, imperatif dan komisif. (3) Dalam bentuk lingual, makna yang didapatkan dalam iklan perda Pemko Padang berupa makna denotasi (konseptual, konotasi, sosial, kolokatif, asosiatif, dan tematik, sedangkan makna dalam bentuk nonlingual (visual) adalah makna konotasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu linguistik
Date Deposited: 30 Jan 2017 04:25
Last Modified: 30 Jan 2017 04:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/21636

Actions (login required)

View Item View Item