Kendala Pemerintahan Nagari Cupak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok dalam Pemanfaatan E-government pada Pelayanan Publik

Niken, Aprilla Pertiwi (2023) Kendala Pemerintahan Nagari Cupak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok dalam Pemanfaatan E-government pada Pelayanan Publik. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (255kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (362kB)
[img] Text (Bab VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (338kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (314kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemerintah Nagari Cupak menyediakan layanan berbasis e-government dalam bentuk aplikasi Mandiri Smart. Pelayanan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Nagari Cupak yang berbasis elektronik. Selain itu adanya aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kendala yang mempengaruhi pemerintah Nagari Cupak dalam pemanfaatan E-government pada pelayanan publik. Analisis ini menggunakan teori dari Wayudi Kumorotomo (2008) yang menyatakan ada tiga aspek permasalaan dalam pemanfaatan e-governmet yaitu,aspek budaya,aspek kepemimpinan dan aspek infrastruktur. Peneltian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 10 orang. Pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu dengan menentukan kriteria pada informan yang akan di wawancara. Hasil penelitian ini dilihat dari analisa tiga aspek, pada aspek infrastruktur sudah memadai dengan tersedianya aplikasi Mandiri Smart, namun masih ada beberapa masyarakat yang belum memiliki HP untuk dapat mengakses aplikasi tersebut. Dari aspek kepemimpinan sudah baik dengan adanya komitmen pemimpin dalam pengembangan pelayanan berbasis elektronik namun sosialisasi sepenuhnya belum dilakukan oleh pihak wali Nagari Kecamatan Gunung Talang. Dari aspek budaya sudah baik dilihat dari pengalokasian SDM, namun kesadaran masyarakat pada penggunaan aplikasi berbasis digital tersebut masih minim. Jika dilihat dari manfaat penerapan aplikasi Mandiri Smart ini dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam proses pembuatan surat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr.Asrinaldi,.M.Si
Uncontrolled Keywords: E-government, Pelayanan Publik, Infrastruktur, Mandiri Smart
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 18 Sep 2023 09:14
Last Modified: 18 Sep 2023 09:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214933

Actions (login required)

View Item View Item