Zil, Himmah (2023) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN RAWAT JALAN PASIEN JKN DI PUSKESMAS PAUH, KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak Skripsi_Zil Himmah.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 SKRIPSI_ZIL HIMMAH_1911211003.pdf - Published Version Download (166kB) |
|
Text (Bab 6 Penutup)
BAB 6 SKRIPSI_ZIL HIMMAH_1911211003.pdf - Published Version Download (40kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI_ZIL HIMMAH.pdf - Published Version Download (147kB) |
|
Text (Skripsi Full Teks)
SKRIPSI_ZIL HIMMAH_1911211003_AKK.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan Penelitian Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Padang, capaian tingkat visit rate Puskesmas Pauh belum mencapai target yaitu 1,0 sedangkan target yang telah ditetapkan adalah 2,8. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan rawat jalan pasien JKN di Puskesmas Pauh, Padang. Metode Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada FebruariJuli 2023 di wilayah kerja Puskesmas Pauh dengan populasinya pasien JKN dan sebanyak 106 sampel. Pengolahan data menggunakan analisis univariat, bivariat, dan multivariat. Hasil Hasil analisis univariat menunjukkan 54,7% pasien JKN memanfaatkan pelayanan rawat jalan di Puskesmas Pauh. Kepercayaan (p=0,000), sarana (p=0,006), aksesibilitas (p=0,039), persepsi sakit (p=0,026), dan pelayanan petugas kesehatan (p=0,023) berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan rawat jalan, sedangkan umur (p=0,163), pendidikan (p=0,766), dan pekerjaan (p=0,411) tidak berhubungan. Hasil analisis multivariat diperoleh kepercayaan berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan rawat jalan pasien di Puskesmas Pauh. Kesimpulan Kepercayaan, sarana, aksesibilitas, persepsi sakit, dan pelayanan petugas kesehatan berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan rawat jalan di Puskesmas Pauh. Dalam upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat, pihak Puskesmas dapat meningkatkan kinerja petugas, menambah sarana agar masyarakat tertarik berobat sehingga menumbuhkan keyakinan masyarakat terhadap pelayanan Puskesmas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Syafrawati, SKM., M.Comm.Health.Sc |
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan, Rawat Jalan, JKN, Puskesmas |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | s1 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 09:33 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 09:33 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214692 |
Actions (login required)
View Item |