Havish, Alvarez (0202) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN NASABAH TERHADAP PELAYANAN PINJAMAN PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO AGRIBISNIS (LKM-A) SAIYO SAKATO DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version Download (187kB) |
|
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (137kB) |
|
Text (Bab V Penutup)
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version Download (111kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (129kB) |
|
Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis merupakan lembaga yang memberikan pelayanan jasa kepada nasabah, oleh sebab itu LKM-A Saiyo Sakato harus meningkatkan fasilitas dan kualitas pelayanan yang bertujuan untuk meningkatkan keberlanjutan LKM-A Saiyo Sakato dan menjaga hubungan baik dengan nasabah kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atribut-atribut pelayanan pinjaman kredit yang dianggap penting oleh nasabah dan mengetahui tingkat kepuasan nasabah terhadap pelayanan simpan pinjaman kredit pada LKM-A Saiyo Sakato. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei, dengan alat analisis Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index. Metode pengambilan sampel yang digunakan Metode Disproporsional Stratified Random Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang nasabah LKM-A Saiyo Sakato. Hasil penelitian menunjukkan atribut yang dinilai penting dan kinerja yang baik oleh nasabah adalah Realisasi pencairan dana sesuai pengajuan, kejelasan informasi syarat untuk kredit, nasabah tidak menunggu lama untuk memperoleh pelayanan kredit, keramahan dan kesopanan karyawan saat pelayanan, kemudahan syarat pengajuan kredit, bunga yang dibayarkan ringan bagi nasabah, adanya tenggang waktu bagi nasabah. Hasil dari penelitian menemukan bahwa tingkat kepuasan nasabah terhadap pelayanan pinjaman kredit pada LKM-A Saiyo Sakato memiliki nilai Customer Satisfaction Index sebesar 0,88 yang artinya nasabah telah merasa sangat puas. Sehingga LKM-A harus mempertahankan kualitas atribut yang sudah bagus dan LKM-A meningkatkan atribut yang masih kurang pada kuadran pertama yaitu ketelitian dan keakuratan karyawan dalam pelayanan, kecepatan dalam menanggapi masalah nasabah, pencairan dana yang cepat dan kerahasian dan keamanan data nasabah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Cipta Budiman S.Si.,M.M. |
Uncontrolled Keywords: | Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis, Pelayanan Pinjaman Kredit, Kepuasan Nasabah |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | s1 agribisnis agribisnis |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 06:58 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 06:58 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214498 |
Actions (login required)
View Item |