Difusi Inovasi PANDAWA (Pelayanan Administrasi Kependudukan Lewat Whatsapp)Oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman Barat

Falina, Alifya (2023) Difusi Inovasi PANDAWA (Pelayanan Administrasi Kependudukan Lewat Whatsapp)Oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (8MB)
[img] Text (Bab Akhir)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Tugas Akhir Utuh (Full Text))
TUGAS AKHIR UTUH (FULL TEXT).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pelayanan publik merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pelayanan bagi setiap warga. Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah menggagas inovasi berbasis digitalisasi yang pada saat ini gencar diimplementasikan oleh organisasi publik untuk menciptakan pelayanan yang prima. Salah satu bentuk inovasi yang berbasis digital pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman Barat yaitu PANDAWA singkatan dari Pelayanan Administrasi Kependudukan Lewat Whatsapp. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana difusi inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Lewat Whatsapp (PANDAWA) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman Barat. Inovasi PANDAWA telah memenuhi syarat-syarat inovasi yang dikemukan oleh Rogers yaitu keunggulan relatif, kemudahan diamati, kesesuaian, kerumitan, dan uji coba. Peneliti menganalisa permasalahan menggunakan teori difusi inovasi oleh Everett M. Rogers dengan 4 variabel diantaranya inovasi (innovation), saluran komunikasi(communication channels), waktu (time), dan sistem sosial (social system). Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Untuk pengumpulan data, peneliti melakukan dengan tiga cara yaitu wawancara, dokumentasi, dan observasi. Informan penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan analisa peneliti menggunakan teori rogers terkait difusi inovasi PANDAWA hasil penelitiannya adalah difusi inovasi PANDAWA sudah terlaksana dengan baik. Disdukcapil telah menyampaikan informasi terkait inovasi PANDAWA melalui saluran interpersonal dan media sosial akan tetapi masih kurang maksimal dalam implementasinya. Sehingga tidak semua masyarakat menerima informasi tersebut. Untuk jangka waktu yang dibutuhkan mulai dari proses pembuatan inovasi sampai pada penyebaran dan pengembangan mulai tahun 2020 sampai saat ini. Untuk variabel sistem sosial, disdukcapil menjalin kerjasama dengan seluruh nagari induk di Kabupaten Pasaman Barat untuk membantu proses difusi inovasi. Berdasarkan pemaparan di atas, peneliti berharap untuk kedepannya difusi inovasi PANDAWA lebih dilaksanakan dengan maksimal dan memperhatikan rentang waktu dalam penyampaian informasi baik secara interpersonal maupun media massa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Malse Yulivestra, S.Sos, M.AP
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Inovasi PANDAWA, Difusi Inovasi PANDAWA
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:13
Last Modified: 08 Sep 2023 03:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212936

Actions (login required)

View Item View Item