PENGARUH ACADEMIC SELF-EFFICACY TERHADAP SELF-REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PSIKOLOGI UNIVERSITAS ANDALAS

Lisa, Putri Ramadani (2023) PENGARUH ACADEMIC SELF-EFFICACY TERHADAP SELF-REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PSIKOLOGI UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text (BAB I - Pendahuluan)
BAB I - Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (BAB V - Penutup)
BAB V - Penutup.pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pada perguruan tinggi, mahasiswa dituntut untuk lebih mandiri dan aktif bdalam proses pembelajaran sehingga dibutuhkan keterampilan untuk mengatur dirinya sendiri terutama dalam belajar atau yang disebut sebagai self-regulated learning. Terdapat salah satu faktor yang dapat mempengaruhi self-regulated learning yaitu academic self-efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh self-efficacy akademik terhadap self-regulated learning pada mahasiswa Program Studi Psikologi, Universitas Andalas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 224 mahasiswa yang merupakan mahasiswa aktif Program Studi Psikologi, Universitas Andalas. Partisipan didapatkan melalui teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan alat ukur Self-Regulated Learning yang disusun oleh Ishtifa (2011) dan The Academic Self-Efficacy Scale (TASES) yang disusun oleh Sagone dan Caroli (2014). Reliabilitas pada skala self-regulated learning adalah sebesar .921 dan The Academic Self-Efficacy Scale (TASES) sebesar .883. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa academic self�efficacy memiliki pengaruh yang signifikan terhadap self-regulated learning pada mahasiswa Program Studi Psikologi, Universitas Andalas. Hal ini dapat diketahui dari signifikansi yang diperoleh sebesar .000 (p<.05) dan nilai koefisien R2 sebesar .283 yang berarti bahwa pengaruh academic self-efficacy terhadap self-regulated learning sebesar 28.3%. Sehingga apabila semakin tinggi tingkat self-regulated learning pada mahasiswa maka semakin tinggi pula tingkat academic self-efficacy mahasiswa, begitupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Fitratul Ilahi, Sp.M (K)
Uncontrolled Keywords: Academic self-efficacy, self-regulated leaning, mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: S1 Psikologi Psikologi
Date Deposited: 08 Sep 2023 07:23
Last Modified: 08 Sep 2023 07:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212701

Actions (login required)

View Item View Item