Riri, Istidianti (2023) INOVASI PELAYANAN TUNGGU DI RUMAH SAJA OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version Download (55kB) |
|
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version Download (556kB) |
|
Text (BAB VI Kesimpulan dan Saran)
BAB VI.pdf - Published Version Download (36kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (168kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi proses pelaksanaan inovasi pelayanan administrasi kependudukan dalam mewujudkan tercapainya target capaian 100% oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman yang merupakan Inovasi Tunggu di Rumah Saja. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menciptakan inovasi inklusif agar mencapai target pelayanan administrasi kependudukan serta memudahkan masyarakat berkebutuhan khusus untuk mendapatkan pelayanan publik khususnya pelayanan administrasi kependudukan. Penelitian ini menggunakan teori faktor-faktor yang mempengaruhi proses pelaksanaan inovasi menurut Anthony Arundel, Carter Bloch, dan Barry Ferguson dengan jurnal yang berjudul Advancing Innovation in the Public Sector: Aligning Innovation Measurement with Policy Goals yang meyatakan bahwa ada enam faktor yang mempengaruhi keberhasilan inovasi, yaitu: Governance and Innovation (Tata Kelola dan Inovasi), Sources of Ideas for Innovation (Sumber Ide-ide Inovasi), Innovation Culture (Budaya Inovasi), Capabilities and Tools (Kemampuan dan Alat), Objective, Outcomes, Drivers, and Obstacles (Tujuan, Hasil, Pendorong, dan Hambatan), dan Collecting Innovation Data For Single Innovations (Mengumpulkan Data Inovasi untuk Inovasi Tunggal). Metode penelitian menggunaka metode kualitatif tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasu. Teknik pemilihan informan dengan purposive sampling dan triangulasi menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pelaksanaan Inovasi Tunggu di Rumah Saja sudah cukup optimal. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan terhadap pelayanan administrasi kependudukan dari tahun ke tahun. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pelaksanaan inovasi menurut Arundel dkk telah terpenuhi oleh Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman. Adapun kendala yang dialami seperti sarana dan prasarana yang kurang optimal pada wilayah yang tidak memiliki akses yang bagus. Tetapi hal tersebut tidak menghalangi petugas dalam memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Ria Ariany, M.Si dan Malse Yulivestra, S.Sos, M.AP |
Uncontrolled Keywords: | inovasi, pelayanan, masyarakat inklusif, padang pariaman, disdukcapil. |
Subjects: | J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | s1 ilmu administrasi negara |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 03:23 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 03:23 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209718 |
Actions (login required)
View Item |