DINAMIKA PERUSAHAAN BUS PO SAN (1990-2020)

NABILAH, SHIDQIYAH (2023) DINAMIKA PERUSAHAAN BUS PO SAN (1990-2020). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (889kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (FULL TEKS SKRIPSI)
Full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini merupakan kajian sejarah perusahaan dalam bidang transportasi. Penelitian ini menjelaskan tentang perusahaan bus PO SAN, yang merupakan salah satu perusahaan bus terbesar di Provinsi Bengkulu yang masih eksis sejak tahun 1990-2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yang terdiri dari 4 tahap. Tahap awal yaitu Pengumpulan sumber untuk mencari sumber tertulis, diantaranya arsi-arsip, buku-buku, foto-foto, dan tulisan-tulisan yang berhubungan dengan transportasi khususnya PO SAN. Sumber lisan diperoleh dari hasil wawancara dengan PIC atau penanggung jawab cabang Bengkulu, wawancara dengan beberapa pengemudi, wawancara dengan beberapa penumpang. Sumber dan informasi yang diperoleh dikritisi lalu di interpretasikan. Tahap akhir adalah menuliskan hasil keseluruhan penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan perusahaan bus PO SAN didirikan oleh Hasanuddin Adnan pada tahun 1990, perusahaan keluarga yang mampu bertahan hingga tahun 2020. Perkembangan perusahaan bus PO SAN mengalami tiga tahap, awal berdiri (1990-1995), masa berkembang dan strategi pelayanan (1992-2020), Bbertahan dimasa krisis Covid-19 (2019-2020). Perusahaan sempat mengalami pasang surut dimasa krisis moneter, yaitu tarif angkutan darat bersaing dengan tarif angkutan udara, dan sempat meluaskan bisnisnya pada bidang peternakan namun mengalami kegagalan. Hingga akhirnya tetap berfokus untuk mengembangkan bisnis jasa transportasi dengan memperluas wilayah trayeknya ke Pekanbaru dan Pulau Jawa. Pada tahun 2000 kepengurusan perusahaan dialihkan kepada generasi kedua. Kurnia Lesani Adnan yang merupakan anak ketiga Hasanuddin Adnan ditunjuk sebagi direktur utama yang mengelola perusahaan hingga hari ini. Termasuk dalam menangani berbagai dinamika selama masa Covid-19 yang melanda dunia transportasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, setiap dinamika yang datang oleh PO SAN mampu dihadapi dengan meningkatkan kualitas SDM, kualitas, kualitas kendaraan, kualitas layanan. PO SAN hingga tahun 2020 masih menjadi saranan transportasi primadona masyarakat Bengkulu yang ingin menggunakan bus besar dengan cakupan trayek yang luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Depositing User: S1 Ilmu Sejarah
Date Deposited: 22 Jul 2023 04:25
Last Modified: 22 Jul 2023 04:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209297

Actions (login required)

View Item View Item