IMPLEMENTASI PERATURAN WALI KOTA NOMOR 36 TAHUN 2019 TENTANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PELAYANAN KESEHATAN PADA ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA BERAT DI PUSKESMAS ANDALAS

Tri, Rahmadi Putra (2023) IMPLEMENTASI PERATURAN WALI KOTA NOMOR 36 TAHUN 2019 TENTANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PELAYANAN KESEHATAN PADA ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA BERAT DI PUSKESMAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (484kB)
[img] Text (Bab VI Penutup)
Bab VI Penutup.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (299kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Implementasi Peraturan Wali Kota Nomor 36 Tahun 2019 Tentang Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pelayanan Kesehatan Pada Orang Dengan Gangguan Jiwa Berat Di Puskesmas Andalas. Peraturan Wali Kota Nomor 36 Tahun 2019 Tentang Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pelayanan Kesehatan Pada Orang Dengan Gangguan Jiwa Berat Di Puskesmas Andalas diimplementasikan untuk percepatan upaya pengadaan Kader Kesehatan Jiwa yang akan memberikan pelayanan kesehatan jiwa kepada bagi Orang dengan Gangguan Jiwa Berat, meningkatkan pelayanan kesehatan jiwa yang berbasis Kader Kesehatan Jiwa, dan meningkatkan peran lintas sektor dalam memberikan pelayanan kesehatan jiwa berbasis Kader Kesehatan Jiwa kepada bagi Orang dengan Gangguan Jiwa Berat. Tetapi pada proses implementasinya masih ada hambatan seperti kurangnya sumberdaya, pihak keluarga pasien yang kurang kooperatif dan kondisi ekonomi pasien yang kurang mendukung mengakibatkan tujuan dari kebijakan ini cukup sulit untuk diraih. Penelitian ini menggunakan teori implementasi dari Donald Van Meter dan Carl Van Horn yang terdiri dari enam variabel yakni standar dan ukuran kebijakan, sumber daya, karakteristik agen pelaksana, sikap dan kecenderungan pelaksana, komunikasi antar organisasi dan aktivitas agen pelaksana, serta pengaruh lingkungan ekonomi, sosial dan politik. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi Peraturan Wali Kota Nomor 36 Tahun 2019 Tentang Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pelayanan Kesehatan Pada Orang Dengan Gangguan Jiwa Berat Di Puskesmas Andalas sudah berjalan cukup baik tetapi masih kurang maksimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal yaitu kurangnya sumber daya manusia dari segi kuantitas dan sumber daya non-manusia yang kurang memadai, pola hubungan yang terjadi dalam organisasi yang masih ada beberapa hambatan, dan pengaruh dari lingkungan ekonomi yang menghambat implementasi kebijakan. Untuk itu perlunya untuk lebih maksimal dalam memanfaatkan semua sumberdaya yang ada mulai dari manusia maupun non manusia untuk mengatasi kurangnya sumber daya yang minim serta meningkatkan koordinasi antar implementor dalam Implementasi Peraturan Wali Kota Nomor 36 Tahun 2019 Tentang Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pelayanan Kesehatan Pada Orang Dengan Gangguan Jiwa Berat Di Puskesmas Andalas agar berjalan lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Kusdarini, S.IP, M.PA
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Peraturan Wali Kota Nomor 36 Tahun 2019, ODGJB
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 22 Jul 2023 02:54
Last Modified: 22 Jul 2023 02:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209231

Actions (login required)

View Item View Item