MANAJEMEN ISU PUBLIC RELATIONS PADA PELAKSANAAN PROGRAM INDONESIA PINTAR DI UNIVERSITAS ANDALAS (Studi Kasus Pada Proses Seleksi Penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah Merdeka Tahun 2022)

Sari, Marta (2023) MANAJEMEN ISU PUBLIC RELATIONS PADA PELAKSANAAN PROGRAM INDONESIA PINTAR DI UNIVERSITAS ANDALAS (Studi Kasus Pada Proses Seleksi Penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah Merdeka Tahun 2022). Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf

Download (206kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (346kB)
[img] Text (Bab Penutup)
BAB VI (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (294kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (413kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Universitas Andalas merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Sumatera Barat yang memfasilitasi pemberian beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) terhadap mahasiswanya. Pada proses seleksi penerimaan KIP-K tahun 2022 di Universitas Andalas, muncul dan berkembang isu atau dugaan terjadinya penyimpangan prosedur pada saat seleksi penerimaan KIP-K. Isu terjadi karena adanya ketidaksesuaian antara harapan dengan yang dilakukan oleh organisasi atau institusi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab dari berkembangnya isu maladministrasi penyimpangan prosedur pada penerimaan KIP-K tahun 2022 serta menganalisis manajemen isu yang dilakukan oleh Humas Univeristas Andalas untuk mengatasi isu tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitiatif dengan paradigma konstruktivisme, pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa penyebab berkembangnya isu penyimpangan prosedur pada penerimaan KIP-K di Universitas Andalas tahun 2022 diantaranya yaitu adanya ketidakpahaman mahasiswa pengusul KIP-K mengenai tata cara prosedur penerimaan KIP-K tahun 2022 sehingga muncul beragam asumsi isu yang kurang tepat dikalangan mahasiswa yang tidak lolos seleksi KIP-K. Kemudian terjadinya kesalahan persepsi antara surveyor dan mahasiswa pada saat dilakukan survei di lapangan. Selanjutnya Humas Universitas Andalas telah menerapkan manajemen isu yang baik dengan melakukan lima langkah dimulai dari identifikasi isu, analisis isu, merencanakan strategi perubahan isu, melaksanakan strategi perubahan isu, dan terakhir evaluasi hasil. Kata Kunci : Manajemen Isu, Public Relations, KIP-K, Univeristas Andalas

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Elva Ronaning Roem, S.Sos, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:32
Last Modified: 20 Jul 2023 07:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/208444

Actions (login required)

View Item View Item