ANALISIS PERBEDAAN MUTU PELAYANAN OBSTETRI EMERGENSI KOMPREHENSIF DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KEBIDANAN DI RSUD SAWAHLUNTO

Dewi, Sandra Maya Sari (2017) ANALISIS PERBEDAAN MUTU PELAYANAN OBSTETRI EMERGENSI KOMPREHENSIF DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KEBIDANAN DI RSUD SAWAHLUNTO. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir penutup dan kesimpulan)
3. Bab Akhir (penutup dan kesimpulan).pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penerapan MDGS telah berlaku secara nasional sejak tahun 2010 dan diharapkan target optimal tercapai pada tahun 2015. Angka kematian ibu , Angka kematian bayi dan Angka kematian neonatus merupakan salah satu target pencapaian dari MDGs. Pada SDKI 2012 masih didapatkan angka kematian ibu sebesar 228/100.000 kelahiran hidup, Angka kematian Bayi 32/1000 kelahiran hidup dan angka kematian neonatus 17/1000 kelahiran hidup.Angka- angka tersebut menyatakan bahwa target pencapai MDGs pada tahun 2015 belum terlaksana optimal secara nasional. Sedangkan untuk wilayah Sumatra barat sendiri Angka kematian ibu sudah berada pada pita biru atau 99/100.000 kelahiran hidup yaitu sudah berhasil berada dibawah target MDGs, tetapi angka kematian bayi dan neonatus masih diatas target pencapaian. RSUD Sawahlunto sebagai satu satunya rumah sakit di kota sawahlunto juga mengalami fluktuatif peningkatan angka kematian ibu dan angka kematian bayi. Selain itu terjadi penurunan kunjungan rawat inap di bagian kebidanan di RSUD Sawahlunto secara terus menerus dari tahun 2011 sampai 2015 secara signifikan menjadikan rumah sakit sebagai sorotan dalam penerapan langkah pemerintah dalam mencapai terlaksananya MDGs dimana pemerintah mengharapkan bahwa rumah sakit kabupaten dan kota sebagai penyelenggara pelayanan kesehatan maternal neonatal seharusnya dijadikan rujukan pasien maternal untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Hal ini menjadi gambaran apakah mutu pelayanan di bagian kebidanan masih belum optimal sehingga kepuasan pasien menurun dan angka kunjungan rawat inap semakin menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah diketahuinya gambaran tingkat kepuasan pasien mengenai mutu pelayanan obstetric emergensi komprehensif di ruang rawat inap kebidanan RSUD Sawahlunto dan diketahuinya perbedaan mutu pelayanan obstetric emergensi komprehensif dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap kebidanan RSUD Sawahlunto Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain cross sectional. Penelitian dilakukan di ruang rawat inap kebidanan RSUD Sawahlunto. Kegiatan penelitian dimulai sejak bulan Desember 2015 - Februari 2016. Populasi penelitian ini sejumlah pasien yang dirawat di ruang rawat inap kebidanan RSUD Sawahlunto dengan jumlah sampel 86 orang. Teknik pengambilan sampel adalah consecutive sampling. Data dianalisis secara univariat dengan Importance Performance Analysis dan bivariat dengan menggunakan uji T independent. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa Pelayanan Obstetri Emergensi Komprehensif RSUD Sawahlunto mampu memenuhi harapan pasien sebesar 90,03% dengan nilai gradasi tingkat kepuasan dari 58,54% sampai dengan 109,61%. Berdasarkan dimensi mutu pelayanan didapatkan dimensi mutu berdasarkan tangibles (bukti fisik) memiliki tingkat kepuasan tertinggi yaitu 100,2% dan telah memenuhi harapan pasien, diikuti oleh kepuasan dari dimensi mutu berdasarkan assurance (jaminan) yaitu 96,25% dan emphaty (empati) 96,05%. Sedangkan dua dimensi mutu reliable (kehandalan) 66,83% dan responsiveness (daya tanggap) 76,3% memiliki tingkat kepuasan terendah. Hasil analisis bivariat didapatkan nilai p=0,000 (p value< 0,05) maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang bermakna antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap Pelayanan Obstetri Emergensi Komprehensif. Kesimpulan pada penelitian terdapat perbedaan yang bermakna antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap Pelayanan Obstetri Emergensi Komprehensif. Dimana peningkatan mutu layanan akan diikuti dengan peningkatan kepuasan pasien. Penelitian menyarankan rumah sakit perlu melakukan pembenahan pelayanan terhadap atribut-atribut yang memiliki tingkat Kinerja rendah, dengan berupa retuktursasi tim Ponek di RSUD, pembuatan SOP yang sesuai dengan kondisi rumah sakit, penetapan respon time dan pelatihan internal untuk tenaga medis dan paramedis, juga dilakukan penganggaran pelatihan peningkatan keahlian secara berkala untuk tenaga medis dan para medis yang terkait akan pelayanan obstetric emergensi. Daftar Pustaka :51(2001-2013) Kata Kunci :Kepuasan, kebidanan, rawat inap, importance performa analisis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 24 Jan 2017 06:20
Last Modified: 24 Jan 2017 06:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20683

Actions (login required)

View Item View Item