ATASYA, NURUL ZUKRI (2023) PEMETAAN PERILAKU SOSIAL PENGGEMAR KPOP PADA KOMUNITAS KPOP DI KOTA PADANG (Survei Deskriptif pada Penggemar K-Pop Komunitas ARMY, BLINK dan NCTZEN Kota Padang). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
Text (COVER dan ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (316kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version Download (697kB) |
|
Text (BAB 4 PENUTUP)
BAB 4.pdf - Published Version Download (290kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (400kB) |
|
Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
K-Pop merupakan produk budaya populer yang berkembang luas karena dorongan penggunaan media sosial yang semakin masif. Saat ini, industri K-Pop makin dikenal dan digemari oleh banyak orang dari berbagai kalangan usia. Namun, kegemaran para penggemar K-Pop tersebut cenderung didasari karena kesukaan dan kecintaan yang besar terhadap idol K-Pop dibandingkan musik K-Pop itu sendiri. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana pemetaan/gambaran perilaku yang selalu ditampilkan penggemar K-Pop pada komunitas ARMY, BLINK dan NCTZEN Kota Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Fetisisme Komoditas yang dikemukakan oleh Theodor Ludwig Adorno dengan asumsi teori : “Industri budaya telah menciptakan pemujaan yang salah terhadap produk-produk budaya populer yang hadir di tengah masyarakat, sehingga mencetak kesadaran mereka atas dasar kebutuhan-kebutuhan palsu dalam mengkonsumsi produk budaya tersebut”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode penelitian survei dengan tipe deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang bersifat tertutup. Teknik penentuan responden dengan cara proportional random sampling. Hasil dari penelitian ini memberikan gambaran terkait karakteristik penggemar K-Pop pada komunitas ARMY, BLINK, dan NCTZEN Kota Padang berupa: Perempuan, usia 20-23 tahun, pendidikan S1, beragama Islam, bekerja sebagai seorang pelajar/mahasiswa, berdomisili di wilayah pinggiran kota, bertempat tinggal menyatu dengan orangtua, pekerjaan ayah sebagai wirausaha/pedagang, pekerjaan ibu sebagai IRT, dengan total pendapatan kedua orangtua Rp 5.100.000- Rp 10.000.000, domisili orangtua di area Kota Padang, sudah menggemari K-Pop dalam waktu >5,5 tahun, awal mengenal K-Pop dari media sosial, alasan menggemari K-Pop karena suka dengan idol K-Pop, dan sudah mengikuti komunitas K-Pop ini dalam kurun waktu 1-3 tahun. Adapun perilaku penggemar K-Pop pada tiga komunitas K-Pop ini menunjukkan kecenderungan pemujaan/fetisisme yang sangat tinggi terhadap idol K-Pop berupa perilaku: streaming MV idol K-Pop, mengikuti semua akun sosial media idol, mengkoleksi album K-Pop karena idol, menyisihkan uang untuk membeli produk idol, suka dengan K-Pop karena visual idol nya, memiliki panggilan ”khusus” untuk idol, memasang walpaper HP dengan foto idol, sedih saat idol K-Pop nya di perlakukan buruk oleh agensi, dan sedih saat idol K-Pop nya dihujat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Elfitra, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | K-Pop, Perilaku Sosial, Idol K-Pop. |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | s1 sosiologi sosiologi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 08:19 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 08:19 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205631 |
Actions (login required)
View Item |