HUBUNGAN DIMENSI KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS SRI PADANG KOTA TEBING TINGGI

Adeanisa, Fiqri (2023) HUBUNGAN DIMENSI KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS SRI PADANG KOTA TEBING TINGGI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover&abstrak)
COVER_DAN_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB_I.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB_VI_DAN_KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (full skripsi)
fix_skripsi_full_text_.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Pelayanan kesehatan gigi dan mulut adalah pelayanan kesehatan profesional yang dilakukan oleh dokter gigi serta ditujukan kepada masyarakat. Secara umum pelayanan kesehatan gigi dan mulut bermanfaat untuk meningkatkan kualitas serta status kesehatan gigi dan mulut yang optimal. Kualitas pelayanan dapat dilihat berdasarkan 5 dimensi kualitas pelayanan yaitu bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Puskesmas sri padang sebagai puskesmas dengan akreditasi tingkat utama di kota tebing tinggi tentunya diharapkan dapat memberikan pelayanan yang berkualitas. Baik dan buruknya suatu kualitas pelayanan dapat dinilai berdasarkan persepsi pasien sebagai pengguna jasa pelayanan. Tujuan: untuk mengetahui hubungan dimensi kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Sri Padang Kota Tebing Tinggi. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasi analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 59 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling sesuai dengan kriteria inklusi. Analisis statistik menggunakan uji Chi-Square dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara bukti fisik (p=0.000), kehandalan (p=0.000), daya tanggap (p=0.000), jaminan (p=0.000) dan empati (p=0.000) terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Sri Padang Kota Tebing Tinggi. Kesimpulan: Ada hubungan kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. drg. Febrian, MKM
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut, Dimensi Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:08
Last Modified: 22 Jun 2023 03:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205090

Actions (login required)

View Item View Item