Adeanisa, Fiqri (2023) HUBUNGAN DIMENSI KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS SRI PADANG KOTA TEBING TINGGI. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (cover&abstrak)
COVER_DAN_ABSTRAK.pdf - Published Version Download (58kB) |
|
Text (Bab 1)
BAB_I.pdf - Published Version Download (131kB) |
|
Text (Bab IV)
BAB_VI_DAN_KESIMPULAN.pdf - Published Version Download (38kB) |
|
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version Download (173kB) |
|
Text (full skripsi)
fix_skripsi_full_text_.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang: Pelayanan kesehatan gigi dan mulut adalah pelayanan kesehatan profesional yang dilakukan oleh dokter gigi serta ditujukan kepada masyarakat. Secara umum pelayanan kesehatan gigi dan mulut bermanfaat untuk meningkatkan kualitas serta status kesehatan gigi dan mulut yang optimal. Kualitas pelayanan dapat dilihat berdasarkan 5 dimensi kualitas pelayanan yaitu bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Puskesmas sri padang sebagai puskesmas dengan akreditasi tingkat utama di kota tebing tinggi tentunya diharapkan dapat memberikan pelayanan yang berkualitas. Baik dan buruknya suatu kualitas pelayanan dapat dinilai berdasarkan persepsi pasien sebagai pengguna jasa pelayanan. Tujuan: untuk mengetahui hubungan dimensi kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Sri Padang Kota Tebing Tinggi. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasi analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 59 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling sesuai dengan kriteria inklusi. Analisis statistik menggunakan uji Chi-Square dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara bukti fisik (p=0.000), kehandalan (p=0.000), daya tanggap (p=0.000), jaminan (p=0.000) dan empati (p=0.000) terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Sri Padang Kota Tebing Tinggi. Kesimpulan: Ada hubungan kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. drg. Febrian, MKM |
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut, Dimensi Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien |
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Gigi |
Depositing User: | s1 pendidikan dokter gigi |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 03:08 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 03:08 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205090 |
Actions (login required)
View Item |