PENGARUH PARTISIPASI PENGANGGARAN, KEJELASAN SASARAN ANGGARAN, KOMITMEN ORGANISASI, DAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN (Studi Empiris Pada SKPD Pemerintah Kota Payakumbuh)

ROBER, SENIA (2016) PENGARUH PARTISIPASI PENGANGGARAN, KEJELASAN SASARAN ANGGARAN, KOMITMEN ORGANISASI, DAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN (Studi Empiris Pada SKPD Pemerintah Kota Payakumbuh). Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
6. Abstrak.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img] Text (Tesis Utuh)
tesis utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Anggaran berperan penting sebagai alat perencanaan, alat akuntabilitas, alat pengukur kinerja dan alokasi sumber daya, anggaran yang bersifat sangat terbatas perlu di kelola dengan baik , fenomena senjangan anggaran merupakan fenomena yang dapat megakibatkan bias dalam evaluasi kinerja dan kesalahan dalam alokasi sumber daya. Dalam penelitian ini digunakan 4 variabel bebas yaitu partisipasi penganggaran, kejelasan sasaran anggaran, komitmen organisasi, ketidakpastian lingkungan yang diduga mempengaruhi senjangan anggaran. Disamping itu adanya inkonsitensi hasil penelitian terdahulu juga membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian dan pengkajian kembali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh partisipasi penganggaran, kejelasan sasaran anggaran, komitmen organisasi, ketidakpastian lingkungan terhadap senjangan anggaran secara parsial dan secara simultan. Sampel yang digunakan adalah Panitia Pejabat Teknis Kegiatan (PPTK) pada Pemerintah Daerah Kota Payakumbuh sebanyak 175 responden, pengumpulan data yang dilakukan menggunakan kuesioner. Data diolah menggunakan bantuan program spss 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial partisipasi penganggaran tidak berpengaruh terhadap senjangan anggaran, kejelasan sasaran anggaran tidak berpengaruh terhadap senjangan anggaran, komitmen organisasi tidak berpengaruh terhadap senjangan anggaran, ketidakpastian lingkungan berpengaruh terhadap senjangan anggaran. Sedangkan secara simultan partisipasi penganggaran, kejelasan sasaran anggaran, komitmen organisasi, ketidakpastian lingkungan berpengaruh terhadap senjangan anggaran. Kata kunci : Anggaran, Senjangan Anggaran, Partisipasi Penganggaran, kejelasan sasaran anggaran, komitmen organisasi, ketidakpastian lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 01 Nov 2016 04:46
Last Modified: 01 Nov 2016 04:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18890

Actions (login required)

View Item View Item