ANALISIS KEPUASAN PENGUNJUNG DI OBJEK WISATA REST AREA MEDAN NAN BAPANEH NGALAU INDAH KOTA PAYAKUMBUH

Ali, Imran (2016) ANALISIS KEPUASAN PENGUNJUNG DI OBJEK WISATA REST AREA MEDAN NAN BAPANEH NGALAU INDAH KOTA PAYAKUMBUH. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img] Text (Thesis fulltext)
tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pariwisata adalah suatu aktivitas yang kompleks yang dapat dipandang sebagai suatu sistem yang besar, yang mempunyai berbagai komponen seperti ekonomi, ekologi, politik, sosial, budaya dan seterusnya, dalam hubungan saling ketergantungan dan saling terkait. Dengan akan makin meningkatnya jumlah dan kunjungan wisatawan, maka tiap daerah perlu berbenah mengembangkan industri pariwisata. Kepuasan pengunjung adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja dengan harapannya. Pengunjung merasa puas bila mereka mendapatkan pelayanan yang baik atau yang sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pengunjung pada objek wisata Rest Area Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah dengan mengunakan metodologi Importance Peformance Analysis (IPA) ditinjau dari 5 dimensi kualitas pelayanan, yaitu kehandalan, bukti langsung, ketanggapan, jaminan dan empati. kemudian peneliti menetapkan 20 variabel dalam bentuk kuisioner kepada 100 pengunjung dengan metode accidental sampling. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa tingkat kepuasan pengunjung pada tingkat 74,43% atau berada pada kriteria puas. Selanjutnya dituangkan dalam diagram kartesius dimana rata-rata keseluruhan variabel kinerja dan kepentingan menjadi garis penentu pembagian kuarannya. Kuadran A prioritas utama, kuadran B pertahankan prestasi, kuadran C prioritas rendah dan kuadran D berlebih. Dengan hasil pembagian kuadran tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pihak pengelola objek wisata Rest Area Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah Kota Payakumbuh hendaknya melakukan perbaikan kinerja terhadap indikator yang memiliki tingkat kepentingan tinggi dan kinerja yang rendah untuk meningkatkan kepuasan pengunjung yang datang berkunjung. Pihak pengelola objek wisata Rest Area Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah dalam hal ini Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh hendaknya dapat melakukan pengukuran Indeks Kepuasan Pengunjung terhadap kinerja secara periodik untuk mengetahui apakah Indeks Kepuasan naik atau turun. Apabila indeks meningkat berarti program peningkatan kepuasan pengunjung sudah baik. Terkait dengan itu pihak pengelola hendaknya konsisten terhadap Rencana Strategi Satuan Kerja Perangkat Daerah dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran pembangunan kepariwisataan Kota Payakumbuh yang pada akhirnya diharapkan mamfaat penelitian ini dapat menambah khasanah keilmuan dalam bidang pariwisata dan bermanfaat bagi peneliti-peneliti selanjutnya yang ingin meneliti tentang pariwisata dan memberikan bahan masukan bagi pemerintah Kota Payakumbuh dalam mengembangkan usaha pariwisata, serta penentuan perumusan kebijakan di sektor Pariwisata. Kata kunci: Pariwisata, Indeks Kepuasan Pengunjung, Analisis Kuadran

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Yonariza, M.Sc
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 pembangunan wilayah
Date Deposited: 06 Jun 2017 15:28
Last Modified: 06 Jun 2017 15:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18845

Actions (login required)

View Item View Item