PERBEDAAN OPTIMISME DITINJAU DARI PROBLEM FOCUS COPING DAN EMOTIONAL FOCUS COPING PADA MAHASISWA DI PRODI PSIKOLOGI UNIVERSITAS ANDALAS YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI

Dian, Trisnawati (2016) PERBEDAAN OPTIMISME DITINJAU DARI PROBLEM FOCUS COPING DAN EMOTIONAL FOCUS COPING PADA MAHASISWA DI PRODI PSIKOLOGI UNIVERSITAS ANDALAS YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab i)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img] Text (Skirpsi Full Text)
Skripsi Full Dian Trisnawati.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Coping stress diperlukan mahasiswa untuk mengurangi efek dari stressor ketika mengerjakan skripsi. Tipe dari coping stress tersebut adalah problem focus coping dan emotional focus coping. Dalam melakukan coping stress dibutuhkan optimisme sebagai keyakinan positif untuk dapat mengatasi permasalahan yang terjadi ketika mengerjakan skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada perbedaan optimisme seseorang ditinjau dari yaitu problem focus coping dan emotional focus coping pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di Prodi Psikologi Unand. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis data menggunakan uji Independent T-test. Sampel pada penelitian ini berjumlah 62 orang dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui alat ukur yang berupa Skala LOT-R dari Scheier untuk melihat optimisme yang terdiri dari 10 aitem (rix= 0,716) dan Skala Briefcope dari Carver yang terdiri dari 28 aitem (rix=0,785) dengan dua tipe coping stress yaitu Problem Focus Coping dan Emotional Focus Coping. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan optimisme bila ditinjau dari penggunaan problem focus coping dan emotional focus coping pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Psikologi Unand dengan signifikasi 0,012 (p<0,05). Penelitian ini juga menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengerjakan skripsi di Prodi Psikologi Unand lebih menggunakan problem focus coping dari pada emotional focus coping. Hal ini dibuktikan dengan nilai mean problem focus coping (27,31) lebih tinggi dari pada nilai mean emotional focus coping (25,35).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 27 Oct 2016 03:35
Last Modified: 27 Oct 2016 03:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18078

Actions (login required)

View Item View Item