Hubungan Faktor Perilaku dengan Pelaksanaan Langkah-langkah Hand Hygiene Perawat Di Ruang Rawat Inap RSUD dr. Rasidin Padang Tahun 2016

INDRI, PATRICIA (2016) Hubungan Faktor Perilaku dengan Pelaksanaan Langkah-langkah Hand Hygiene Perawat Di Ruang Rawat Inap RSUD dr. Rasidin Padang Tahun 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1. Abstrak.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (pendahuluan))
2. BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup/Kesimpulan))
3. BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Hand hygiene merupakan teknik dasar yang paling penting dalam pencegahan dan pengontrolan infeksi. Pengetahuan, fasilitas dan supervisi merupakan faktor perilaku yang dapat mempengaruhi pelaksanaan langkah-langkah hand hygiene perawat. Berdasarkan temuan di ruang rawat inap RSUD dr. Rasidin Padang masih banyak perawat yang tidak melakukan langkah-langkah hand hygiene sesuai prosedur. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara faktor perilaku (pengetahuan, failitas dan supervisi) dengan pelaksanaan langkah-langkah hand hygiene perawat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain cross sectional yang dilakukan pada 64 orang perawat pelaksana dengan teknik total sampling. Analisis yang digunakan adalah uji chi-square. Hasil penelitian menujukkan bahwa 50% perawat memiliki pengetahuan rendah, 68,8% perawat menyatakan fasilitas tidak lengkap, 51,6% perawat menyatakan supervisi baik dan 59,4% perawat tidak patuh dalam pelaksanaan langkah-langkah hand hygiene. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan (p value = 0,000), fasilitas (p value = 0,000), supervisi (p value = 0,000) dengan pelaksanaan langkah-langkah hand hygiene perawat. Diharapkan Rumah sakit mengadakan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan perawat terkait pelaksanaan langkah-langkah hand hygiene, memperbaiki dan melengkapi fasilitas hand hygiene serta memaksimalkan supervisi terkait pelaksanaan langkah-langkah hand hygiene. Kata kunci : fasilitas, hand hygiene, pengetahuan, supervisi Daftar Pustaka : 88 (2000-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 25 Oct 2016 04:35
Last Modified: 25 Oct 2016 04:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17689

Actions (login required)

View Item View Item