PERSEPSI PENGENDARA TERHADAP PERILAKU PENGENDARA MOBIL DAN SEPEDA MOTOR

Muhammad, Kaisa Elmizan (2016) PERSEPSI PENGENDARA TERHADAP PERILAKU PENGENDARA MOBIL DAN SEPEDA MOTOR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
bab 5.pdf - Published Version

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor manusia atau perilaku pengendara itu sendiri. Mengurangi tingkat kecelakaan yang disebabkan oleh faktor perilaku pengendara dapat dilakukan oleh manusia lain sebagai makhluk sosial. Persepsi merupakan suatu tanggapan atau penerimaan langsung dari suatu serapan yaitu proses seseorang mengetahui beberapa hal melalui panca indera (Depdiknas, 1990: 672). Mengetahui persepsi terhadap perilaku pengendara adalah langkah awal untuk memperbaiki perilaku pengendara tersebut. Persepsi pengendara terhadap perilaku pengendara mobil dan sepeda motor ini dilakukan di Kota Padang. Pengumpulan data persepsi ini dilakukan dengan penyebaran kuisioner online yang dilakukan dengan bantuan google formulir. Pada proses desain kuisioner dilakukan dengan suevei pendahuluan dengan mengumpulkan beberapa persepsi pengendara kendaraan di Kota Padang. Selanjutnya kuisioner di desain mengacu kepada 5 indikator mengenai perilaku pengendara kendaraan yaitu ketaatan terhadap perarturan, toleransi terhadap pengendara lain, indikator kecepatan, kondisi pengendara itu sendiri, dan kondisi kendaraan saat berkendara. Analisia dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Analisa ini dilakukan dengan penggambaran perbandingan nilai rata-rata persepsi. Selanjutnya analisa statistik dilakukan dengan menggunakan chi-square dan t-test. Analisa statistik ini dibutuhkan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan persepsi dengan kendaraan yang sering digunakan responden dan mengetahui apakah terdapat perbedaan antara persepsi terhadap perilaku pengendara mobil dan sepeda motor. Hasil dari analisis didapatkan bahwa terdapat perbedaan persepsi terhadap perilaku pengendara yang berbeda, serta terdapat pengaruh kendaraan yang sering digunakan terhadap persepsi yang diberikan oeleh responden mengenai perilaku pengendara. Secara deskriptif persepsi lebih baik diberikan kepada pengendara mobil daripada pengendara sepeda motor. Kata kunci : Kecelakaan Lalu Lintas, Persepsi, Perilaku Pengendara, Kuisioner, Deskriptif Kuantitatif, Analisa Statistik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 24 Oct 2016 04:51
Last Modified: 24 Oct 2016 04:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17659

Actions (login required)

View Item View Item