Penerapan Transparansi dan Akuntabilitas Dalam Pelayanan Publik Pada Instalansi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Sungai Dareh Kabupaten Dharmasraya

Elpa, Handayani (2016) Penerapan Transparansi dan Akuntabilitas Dalam Pelayanan Publik Pada Instalansi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Sungai Dareh Kabupaten Dharmasraya. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Bab V)
kesimpulan.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img] Text (Tesis)
tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (842kB)

Abstract

Tata pemerintahan yang baik (good governance) merupakan landasan bagi pembuatan dan penerapan kebijakan pemerintahan yang demokratis yang ditandai dengan menguatnya kontrol masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan. Dalam tata kelola pemerintahan yang baik tersebut diharapkan adanya pemberian pelayanan kepada masyarakat secara maksimal oleh aparat pemerintahan. Dari beberapa prinsip good governance setidaknya ada 3 (tiga) prinsip yang mendapat perhatian lebih dari pembuat kebijakan, yaitu prinsip transparansi, akuntabilitas dan partisipasi. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan dan menganalisis penerapan transparansi dan akuntabilitas dalam pelayanan public pada Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah Sungai Dareh Kabupaten Dharmasraya dan untuk menganalisi kendala-kendala dalam penerapan transparansi dan akuntabilitas dalam pelayanan public pada Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah Sungai Dareh Kabupaten Dharmasraya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan wawancara mendalam (in deep interview). Hasil penelitian menunjukan bahwa RSUD Sungai Dareh setidaknya telah menerapkan 2 (dua) dari prinsip good governance tersebut. RSUD Sungai dareh telah menerapkan transparansi dan akuntabilitas dalam pelayanan publik pada IGD rumah sakit. Penerapan transparansi dalam pelayanan publik bisa dilihat dari keterbukaan proses penyelenggaraan pelayanan publik, di mana Di RSUD Sungai Dareh, khususnya di IGD sudah ada standar operational procedural (SOP) yang mengatur bagaimana pelayanan yang akan diberikan kepada pasien, dalam SOP itu juga dicantumkan persyaratan yang harus dipenuhi oleh pasien/keluarga pasien kalau berobat melalui IGD. Transparansi juga bisa dilihat dari mudahnya masyarakat dalam mengakses peraturan dan prosedur pelayanan yang diberikan oleh pihak RSUD, baik melalu papan informasi, leaflet, brosur, website dan juga website Pemerintah Daerah Kabupaten Dharmasraya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 pembangunan wilayah
Date Deposited: 21 Oct 2016 08:13
Last Modified: 21 Oct 2016 08:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17445

Actions (login required)

View Item View Item