EFEK KONSUMSI MINUMAN YANG MENGANDUNG KAFEIN TERHADAP KUALITAS TIDUR MAHASISWA ANGKATAN 2013 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS

Arul, Syankar Selvaraju (2016) EFEK KONSUMSI MINUMAN YANG MENGANDUNG KAFEIN TERHADAP KUALITAS TIDUR MAHASISWA ANGKATAN 2013 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
asbrak.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
kesimpulan.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kafein merupakan zat psikoaktif yang paling sering digunakan di masyarakat. Kopi merupakan sumber kafein yang sering dikonsumsi. Efek farmakologi utama kafein adalah sebagai antagonis reseptor adenosin yang dapat mempengaruhi fungsi sistem saraf pusat serta dapat menganggu kualitas tidur. Kualitas tidur meliputi aspek kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kafein terhadap kualitas tidur mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas 2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Sampel pada penelititan ini adalah mahasiswa laki-laki angkatan 2013 yang bersedia dan memenuhi kriteria inklusi. Telah dilakukan penelitian terhadap 50 orang responden untuk uji kafein dan non kafein. Kualitas tidur mereka diukur dengan menggunakan kuesioner kualitas tidur. Analisis data dilakukan dengan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 58% responden yang mendapat minuman berkafein berkualitas tidur sedang dan 66% subjek yang mendapat minuman non kafein berkualitas tidur baik. Setelah dilakukan uji hipotesis, didapatkan bahwa terjadi penurunan signifikan terhadap kualitas tidur pada responden yang mendapat minuman berkafein (p= 0,001). Disarankan pada masyarakat terutama mahasiswa agar tidak sering menggunakan kafein terutama pada malam hari karena kafein terbukti dapat menurunkan kualitas tidur. Kafein menyebabkan jumlah jam tidur berkurang, onset tidur yang lebih lama, kepuasan dan kedalaman tidur yang menurun serta dapat menyebabkan kebugaran pada pagi hari terganggu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s1 pendidikan kedokteran
Date Deposited: 04 Oct 2016 08:20
Last Modified: 04 Oct 2016 08:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17166

Actions (login required)

View Item View Item