Refika, Mastanora (2016) MAnajemen Reputasi Kantor Pertanahan Kabupaten Bengkulu Utara. Masters thesis, Universitas Andalas.
|
Text (abstrak)
abstrakk.pdf - Published Version Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (bab i)
BAB I.pdf - Published Version Download (375kB) | Preview |
|
|
Text (bab vi)
BAB VI.pdf - Published Version Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka ok.pdf - Published Version Download (187kB) | Preview |
|
Text (tesis full text)
tesis utuh.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pandangan negatif masyarakat pada umumnya tentang pelayanan di seluruh Kantor Pertanahan yang menganggap bahwa pelayanan sertifikasi tanah rumit, mahal, dan memerlukan waktu yang lama. Selain itu persepsi masyarakat tentang program prona yang diduga terdapat pungutan liar oleh beberapa oknum pelaksana program sehingga dapat mengurangi nilai reputasi bagi Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia. Dalam era komunikasi yang serba cepat seperti sekarang ini, reputasi menjadi salah satu faktor penentu dalam usaha untuk meningkatkan dan mempertahankan eksistensi perusahaan. Oleh karenanya, tuntutan pelayanan publik yang cepat dan inovatif terus diupayakan sebagai salah satu dari Sembilan program percepatan reformasi birokrasi. Kantor Pertanahan Kabupaten Bengkulu Utara selaku praktisi humas sebagai Lembaga Pelayanan publik pemberi kepastian hukum hak atas tanah bertugas mengelola reputasi dengan baik dengan menciptakan komunikasi yang tepat dan strategis. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Pertama, Bagaimana reputasi dibentuk dalam pelayanan di Kantor Pertanahan Kabupaten Bengkulu Utara. Kedua, Bagaimanakah strategi dalam manajemen reputasi pelayanan publik di Kantor Pertanahan Kabupaten Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivisme dan dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi dalam membangun reputasi bagi Kantor Pertanahan Bengkulu Utara yaitu: peningkatan kualitas produk, hubungan dengan klien, kultur perusahaan, pemenuhan kontrak, gaya kepemimpinan, membangun profil media serta keterbukaan informasi kepada publik sesuai dengan undang-undang keterbukaan informasi. Dalam memanajemen reputasi, presentasi diri organisasi dengan teori manajemen impresi menjadi penting bagi Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Bengkulu Utara dalam membentuk citra positif di berbagai kalangan. Kata Kunci : Reputasi, Manajemen Reputasi, Presentasi Organisasi, Manajemen impresi, Citra Positif .
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | s2 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 06 Sep 2016 04:12 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 04:12 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16361 |
Actions (login required)
View Item |