Rizki, Hariadi (2016) ANALISIS PELAYANAN RUJUKAN PESERTA BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS LUBUK BUAYA KOTA PADANG TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (162kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB 1 ( Pendahuluan).pdf - Published Version Download (92kB) | Preview |
|
|
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version Download (38kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (88kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI FULL lengkap.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan Puskesmas merupakan unit kerja yang berperan sebagai gatekeeper dalam mendukung program JKN atau pemberi pelayanan kesehatan dasar agar berfungsi optimal sesuai dengan standar medik yang komprehensif meliputi pelayanan promotif, prefentif dan rehabilitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi mendalam tentang analisis pelayanan rujukan peserta BPJS kesehatan di Puskesmas Lubuk Buaya tahun 2016 Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pemilihan informan yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, Focus Group Discussion (FGD), telaah dokumen, dan observasi. Data diolah dengan cara mereduksi data ke dalam matrik hasil wawancara mendalam. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Lubuk Buaya. Hasil Puskesmas Lubuk Buaya mempunyai tenaga kesehatan PNS sebanyak 48 orang, PTT 9 orang, Velontir 7 orang, hononer 5 orang. Puksemas Lubuk Buaya memiliki 6 puskesmas pembantu, 1 Pukesmas keliling, 6 Poskeskel. Kesimpulan Kebijakan yang digunakan Puskesmas Lubuk Buaya telah mengacu pada kebijakan yang berlaku, namun sarana dan prasarana yang diperlukan belum mencukupi, sehingga dalam pelaksanaan kegiatannya kurang maksimal. Oleh karena itu diharapkan kepada pihak Puskesmas Lubuk Buaya untuk melengkapi sarana dan prasarana penunjang yang diperlukan dan penambahan tenaga JKN agar kegiatan pelayanan kesehatan dan proses rujukan JKN dapat dilaksanakan dengan baik. Daftar Pustaka : 46 (2001-2015) Kata Kunci : Pelayanan, Rujukan, Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | s1 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 03:25 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 03:25 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12936 |
Actions (login required)
View Item |