Anisha, Purnama Sari (2023) Gambaran Persepsi Mahasiswa Kepaniteraan Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas terhadap Interprofessional Education (IPE). Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (198kB) |
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (122kB) |
|
Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version Download (90kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (120kB) |
|
Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Interprofessional Education (IPE) merupakan pendekatan pedagogis untuk mempersiapkan mahasiswa kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien secara kolaboratif dan terintegrasi agar dapat memperbaiki kualitas dari pelayanan kesehatan melalui implementasi Interprofessional Collaboration (IPC). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran persepsi mahasiswa kepaniteraan klinik FK Unand terhadap IPE. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan rancangan penelitian yang digunakan adalah cross-sectional. Penelitian ini menggunakan kuesioner Interdisciplinary Education Perception Scale (IEPS) yang disebarkan melalui google form dengan total sampel sebanyak 258 mahasiswa kepaniteraan klinik periode Oktober 2022 – Januari 2023. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Sebagian besar (89,5%) mahasiswa kepaniteraan klinik memiliki persepsi yang baik terhadap IPE. Pada umumnya (95,7%) komponen persepsi kebutuhan untuk bekerja sama berada dalam kategori baik. Lebih dari separuh (62,4%) mahasiswa memiliki persepsi yang baik pada komponen persepsi pemahaman terhadap profesi lain. Pada umumnya (90,6%) mahasiswa kepaniteraan klinik angkatan 2020 memiliki persepsi yang baik. Sebagian besar mahasiswa kepaniteraan klinik angkatan 2021 (89,1%) dan 2020 (88,8%) memiliki persepsi yang baik. Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar persepsi mahasiswa kepaniteraan klinik FK Unand terhadap IPE berada dalam kategori baik, namun komponen persepsi pemahaman terhadap profesi lain masih kurang, sehingga hal ini perlu diperhatikan dan ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | dr. Laila Isrona, M.Sc |
Uncontrolled Keywords: | persepsi, mahasiswa kepaniteraan klinik, interprofessional education |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran |
Depositing User: | S1 Pendidikan Kedokteran |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 03:10 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 03:10 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123845 |
Actions (login required)
View Item |