PERBEDAAN EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN AKTIF DAN CERAMAH TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SEKSUALITAS REMAJA ANGGOTA PIK-R DI SMPN 13 PADANG TAHUN 2016

Fitri, Hayani (2016) PERBEDAAN EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN AKTIF DAN CERAMAH TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SEKSUALITAS REMAJA ANGGOTA PIK-R DI SMPN 13 PADANG TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 6 kesimpulan dan saran)
bab 6 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img] Text (skripsi)
SKRIPSI FITRI HAYANI2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Pemberian informasi mengenai seksualitas merupakan kegiatan yang ada di PIK-R. Di kota Padang terdapat 15 PIK-R salah satunya di SMPN 13 Padang yang dalam pelaksanaanya belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan efektivitas metode pembelajaran aktif dan ceramah terhadap tingkat pengetahuan siswa mengenai seksualitas di SMPN 13 Padang. Metode Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan metode Nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di SMPN 13 Padang bulan Maret sampai Juni 2016. Populasi penelitian adalah siswa SMPN 13 yang menjadi anggota PIK-R. Sampel adalah semua siswa yang menjadi anggota PIK-R . Data diolah dengan analisis univariat dan bivariat Hasil Pengetahuan siswa yang kurang pretest pembelajaran aktif adalah 86,7% sementara pada postest 6,7% sedangkan pada metode ceramah adalah 93,3% dan 26,7%. Ada peningkatan pengetahuan siswa dengan metode pembelajaran aktif dan ceramah sebelum dan sesudah pemberian informasi dengan p value 0,001 serta ada perbedaan rata-rata skor metode pembelajaran aktif dan ceramah dengan selisih 1,47. Kesimpulan Penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran aktif lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa mengenai seksualitas. Untuk itu, bagi sekolah dan petugas kesehatan yang akan memberikan materi atau pelajaran serupa dapat menggunakan metode pembelajaran aktif sebagai metode belajar agar penerimaan informasi siswa lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 25 Jul 2016 02:42
Last Modified: 25 Jul 2016 02:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12306

Actions (login required)

View Item View Item