Muhammad, Aldy (2022) MAHASISWA DAN SHOPEE PAYLATER: Kajian Resiprositas antara Shopee dan Konsumen Mahasiswa Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (172kB) |
|
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (319kB) |
|
Text (BAB VI (Penutup))
BAB VI (Penutup).pdf - Published Version Download (113kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (126kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kehadiran Ecommerce Shopee dan layanan pembayaran Shopee Paylater yang banyak digunakan mahasiswa karena dapat membeli produk dahulu dan membayar belakangan sehingga memudahkan pemenuhan keperluan sehari-hari terlebih saat keterbatasan uang, namun belanja ini juga merugikan karena dapat memunculkan perilaku berlebihan dalam belanja dan dapat memunculkan tumpukan utang ketika tidak dapat membayar tagihan belanja tepat waktu. Praktik jual-beli online dengan Shopee Paylater merupakan bentuk pertukaran timbal balik (resiprositas) yang ditunjukkan dari pertukaran antara shopee sebagai penyedia jasa pembelian produk dan konsumen mahasiswa sebagai pengguna jasa shopee. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan resiprositas dalam belanja online dengan Shopee Paylater dan menjelaskan perubahan perilaku berbelanja mahasiswa Universitas Andalas setelah melakukan belanja online dengan Shopee Paylater. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus pada informan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Temuan penelitian ini adalah berbelanja online dengan Shopee Paylater yang dilakukan mahasiswa Universitas Andalas merupakan bentuk resiprositas pada praktik jual-beli produk dalam konteks pasar online. Resiprositas ini menukarkan antara shopee memberikan jasa penjualan produk dan konsumen sebagai penerima jasa pembelian produk serta berkewajiban membayar kembali menggunakan uang dengan sistem kredit. Resiprositas ini memiliki tiga dimensi yaitu suatu yang didapatkan oleh para pelaku resiprositas: (1) Dimensi ekonomi merupakan saling memberi dan menerima keuntungan ekonomis dari praktik jual-beli produk yang berlangsung, (2) Dimensi sosial merupakan saling memberi dan menerima bantuan sebagai makhluk biologis dan sosial dalam rangka kelangsungan hidup, (3) Dimensi nilai merupakan saling memberi dan menerima nilai yang berlaku umum sebagai membina dan menjamin resiprositas sekaligus mengurangi resiko kehilangan yang dipertukarkan. Resiprositas ini merupakan bentuk pertukaran baru dalam berbelanja yang memunculkan perubahan perilaku yaitu: (1) Perubahan belanja offline menjadi belanja online Shopee Paylater, (2) Perubahan belanja tidak berutang menjadi berutang, (3) Perubahan waktu dalam berbelanja, (4) Perubahan belanja pada produk bergengsi. Kata Kunci : Resiprositas, Belanja Online, Shopee Paylater
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Prof. Dr. rer. soz. Nursyirwan Effendi |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Resiprositas, Belanja Online, Shopee Paylater |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi |
Depositing User: | s1 antropologi sosial |
Date Deposited: | 10 Feb 2023 06:43 |
Last Modified: | 10 Feb 2023 06:43 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123055 |
Actions (login required)
View Item |