KORELASI NILAI MULTIPLE CHOICE QUESTIONS (MCQ) DENGAN NILAI DISKUSI TUTORIAL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS

Hafiz, Abdur Rahman (2022) KORELASI NILAI MULTIPLE CHOICE QUESTIONS (MCQ) DENGAN NILAI DISKUSI TUTORIAL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (92kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (103kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text Skripsi Hafiz)
Tugas Akhir Full Text Skripsi Hafiz.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam praktik pendidikan kedokteran, metode penilaian dapat diklasifikasikan menjadi penilaian formatif dan sumatif. Di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas proses pembelajaran berdasarkan masalah (PBL) dengan kegiatan diskusi tutorial berupa umpan balik oleh dosen tutor dan dinilai dengan rubrik penilaian formatif yang menilai proses belajar. Dengan proses pembelajaran PBL dengan baik akan membantu mahasiswa untuk mendapatkan nilai ujian blok lebih baik yang merupakan penilaian sumatif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui korelasi nilai multiple choice questions (MCQ) dengan nilai diskusi tutorial problem-based learning (PBL) pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain penelitian cross-sectional dengan subjek penelitian sebanyak 439 orang yang mengikuti blok 2.5 (Gangguan Hormon, Metabolisme dan Nutrisi) dan blok 3.5 (Gangguan Psikiatri dan Medikolegal) yang dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Instrumen penelitian ini merupakan data sekunder dalam bentuk rekap nilai angka ujian blok MCQ dan nilai diskusi tutorial PBL yang didapatkan di Bagian Program Studi Kedokteran Universitas Andalas. Data dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar mahasiswa FK Unand lulus ujian blok MCQ yang terdiri dari 163 (72.4%) mahasiswa angkatan 2020 dengan nilai rerata 60.8 dan 166 (77,6%) mahasiswa angkatan 2019 dengan nilai rerata 62.3. Sebagian besar mahasiswa FK Unand memiliki nilai diskusi tutorial PBL tinggi dengan nilai rerata 88.2 (blok 2.5 Gangguan Hormon, Metabolisme dan Nutrisi) dan 87.3 (blok 3.5 Gangguan Psikiatri dan Medikolegal). Terdapat korelasi bermakna antara nilai ujian blok MCQ dengan nilai diskusi tutorial PBL dengan nilai p = 0.000 (p value < 0.05) pada subjek penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Yulistini, M.Med.Ed
Uncontrolled Keywords: diskusi tutorial, Problem-based learning (PBL), multiple choice questions (MCQ), penilaian kedokteran
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 13 Jan 2023 08:32
Last Modified: 13 Jan 2023 08:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121811

Actions (login required)

View Item View Item