Construction Hazard Assessment Implication Review Pada Tahap Desain Jembatan

Yusron, Muhammad (2022) Construction Hazard Assessment Implication Review Pada Tahap Desain Jembatan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (685kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (51kB)
[img] Text (Bab Akhir)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text (Skripsi Muhammad Yusron 1810923040)
Skripsi Muhammad Yusron 1810923040.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tingkat pembangunan infrastruktur yang tinggi di Indonesia mempersebesar risiko kecelakaan pada saat konstruksi berlangsung. Hal tersebut dapat terlihat dari data Badan Penyelenggara Jaminan Sosail (BPJS) mencatat sebanyak 144.235 kasus pada tahun 2019 dan pada tahun 2020 periode Januari hingga Oktober tercatat 177.161 kasus yang dapat dikatakan bahwa kecelakaan kerja di Indonesia masih tergolong tinggi. Perkembangan keselamatan konstruksi di Indonesia yang masih terfokus terhadap sumber daya manusia menjadi salah satu faktor kasus kecelakaan tinggi sedangkan banyak faktor lain yang memberi dampak terhadap risiko terjadinya kecelakaan kerja. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengaplikasikan konsep construction hazard asssessment implication review (CHAIR) dalam pekerjaan konstruksi proyek jembatan pada tahap desain. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan mencari gambar rencana jembatan yang akan digunakan sebagai studi kasus dan melakukan internet research untuk mengumpulkan jurnal, buku, artikel, peraturan ataupun standar yang berkaitan dengan keselamatan kerja dalam pembangunan jembatan. CHAIR yang digunakan dibagi menjadi tiga bagian berupa CHAIR-1, CHAIR-2 dan CHAIR 3 yang dalam penerapannya pengidentifikasian bahaya dilakukan dengan deduktif berdasarkan kasus yang telah terjadi. Format dari CHAIR dilakukan validasi untuk dapat membuktikan kebenarannya dengan menggunakan metode korelasi produk momen pearson. Jembatan Lapau Manggis digunakan sebagai studi kasus yang merupakan jembatan dengan jenis rangka baja, panjang 40 meter dan lebar 11,02 meter. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahawa konsep dari construction hazard assessment implication review (CHAIR) dapat diaplikasikan oleh konsultan perencana sebagai upaya untuk dapat memitigasi risiko kecelakaan dalam proses konstruksi jembatan rangka baja dengan bersarkan validasi CHAIR yang menggunakan Jembatan Lapau Manggis sebagai studi kasus didapatkan bahwa terdapat 39 permasalahan keselamatan yang dapat terjadi berdasarkan CHAIR-1, 19 permasalahan yang dapat terjadi berdasarkan CHAIR-2 dan 10 permasalahan yang dapat terjadi berdasarkan CHAIR-3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. AKHMAD SURAJI, MT., PhD., IPM
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 30 Dec 2022 08:28
Last Modified: 30 Dec 2022 08:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121455

Actions (login required)

View Item View Item