STUDI PENGARUH ALINEMEN VERTIKAL TERHADAP KARAKTERISTIK IRINGAN KENDARAAN

Ridwan Ma'arif, Yoga (2022) STUDI PENGARUH ALINEMEN VERTIKAL TERHADAP KARAKTERISTIK IRINGAN KENDARAAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (BAB I)
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Text (BAB V)
3. BAB V.pdf - Published Version

Download (30kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (79kB)
[img] Text (Full text)
5. TA Ridwan Ma'arif Yoga 1510922050 + Turnitin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kelandaian pada jalan Sitinjau , menyelidiki karakteristik iringan kendaraan pada jalan arteri primer (jumlah platoon, headway, dan kecepatan kendaran dalam sebuah iringan kendaraan), dan menyelidiki perbedaan karakteristik iringan kendaraan pada kemiringan jalan yang berbeda pada tiga titik lokasi di jalan arteri ruas jalan Raya Padang – Sitinjau Lauik. Sampel pada penelitian ini adalah kendaraan ringan (LV), kendaraan sedang (MHV), bus besar (LB), dan truk besar (LT). Pengambilan data dilakukan dengan survei menggunakan handycam selama 2 hari dari pukul 08:00 – 11:00 WIB kemudian diolah menggunakan software Stop Program dan Microsoft Excel untuk mendapatkan data volume lalu lintas, jumlah platoon, headway, dan kecepatan. . Dari hasil penelitian ini didapatkan pada arah Padang menuju Solok sebanyak 224 platoon dengan headway rata-rata 1,72 detik dan kecepatan rata-rata 44,80 km/jam. Sedangkan sebaliknya 268 platoon dengan headway rata-rata 1,93 detik dan kecepatan rata-rata 45,44 km/jam. Pada lokasi II arah Padang menuju Solok terdapat sebanyak 214 platoon dengan headway rata-rata 1,76 detik dan kecepatan rata-rata 37,67 detik. Sedangkan sebanyak 336 platoon dengan headway rata-rata 1,89 detik dan kecepatan rata-rata 40,39 km/jam, pengendara banyak yang balik dari tempat liburan dikota Padng menuju tempat tinggal dikota Solok. Sedangkan headway dan kecepatan platoon tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Namun di kedua arah headway dan kecepatan lokasi I lebih besar dengan kemiringan jalan yang rendah dan tidak memiliki jalan yang berbelok, hal ini menunjukkan bahwa kondisi jalan mempengaruhi kecepatan kendaaan dan iringan kendaraan yang menuju Padang -Solok dengan kondisi kemiringan jalan yang berbeda memiliki pengaruh yang signifikan pada jumlah platoon, headway, dan kecepatan iringan kendaraan. Sedangkan untuk perubahan ukuran platoon hanya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap jumlah platoon. Semakin besar ukuran platoon maka semakin kecil jumlah platoon. Ukuran platoon tidak memiliki pengaruh terhadap headway dan kecepatan dikarenakan pada setiap ukuran platoon headway dan kecepatan memiliki nilai yang tidak jauh berbeda. Kata kunci : Kemiringan jalan Karakteristik Iringan, Jumlah Platoon, Headway, Kecepatan, Platoon Leader

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
L Education > LF Individual institutions (Europe)
Q Science > QA Mathematics > QA14 Algebraic geometry
Q Science > QM Human anatomy
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 30 Dec 2022 08:28
Last Modified: 30 Dec 2022 08:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121266

Actions (login required)

View Item View Item