Yudellia, Wira Permata (2022) KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM PELAKSANAAN PROGRAM UNGGULAN SERVICE EXCELLENT (Studi Kasus Pada Organisasi Pendidikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Ilmi Bilingual Integrated Islamic School, Kota Pariaman). Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (629kB) |
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version Download (570kB) |
|
Text (BAB 5 Penutup)
BAB V.pdf - Published Version Download (553kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (502kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Perhatian terhadap service excellent dalam dunia pendidikan dinilai masih sangat minim dibandingkan dengan pemerintah ataupun pada perusahaan komersil. Pelaksanaan service excellent pada pendidikan dapat meningkatkan mutu sekolah dengan pelayanan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses komunikasi organisasi internal dan eksternal NIBIIS Pariaman dalam pelaksanaan program unggulan service excellent. Selain itu, untuk mengetahui bagaimana peran anggota organisasi NIBIIS dalam pelaksanaan program unggulan service excellent. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan pendekatan studi kasus dan paradigma konstruktivis. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam memilih informan penelitian. Teori yang digunakan yaitu teori proses berorganisasi Karl Weick dengan teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik dari Miles dan Huberman yang membagi analisis data menjadi tiga tahapan di antaranya reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan program unggulan service excellent NIBIIS Pariaman, didukung dengan keseriusan dari pihak internal serta eksternal organisasi pendidikan NIBIIS. Adapun untuk proses pengurangan ketidakpastian berorganisasi, NIBIIS melakukan berbagai kegiatan, pertemuan, dan penyebaran informasi baik melalui lisan, tulisan, ataupun media sosial NIBIIS. Selanjutnya mengenai peranan komunikator pendidikan dalam memberikan pelayanan service excellent, NIBIIS menuangkan aturan tersebut ke dalam sebuah regulasi bernama NIBIIS Regulation yang di dalamnya sudah meliputi konsep A6 service excellent
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Sarmiati, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Organisasi, NIBIIS Pariaman, Pelayanan Prima, Proses Berorganisasi. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 07:26 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 07:26 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120991 |
Actions (login required)
View Item |