Jurnalisme Multiplatform dan Keterbatasan Sumber Daya Manusia di Media Online Lokal: Implementasi, Manajemen Redaksi, dan Komodifikasi (Studi Kasus Langgam.id dan Padangkita.com)

Fath, Putra Mulya (2022) Jurnalisme Multiplatform dan Keterbatasan Sumber Daya Manusia di Media Online Lokal: Implementasi, Manajemen Redaksi, dan Komodifikasi (Studi Kasus Langgam.id dan Padangkita.com). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak - Fath Putra Mulya.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I - Fath Putra Mulya.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB Penutup - Fath Putra Mulya.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka - Fath Putra Mulya.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi - Fath Putra Mulya (1710863023).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Jurnalisme multiplatform diyakini sebagai salah satu strategi agar media dapat berkembang di era digital. Akan tetapi, jurnalisme multiplatform menjadi tantangan tersendiri bagi media online lokal karena adanya keterbatasan dari segi jumlah sumber daya manusia. Hal tersebut tampak dari kasus Langgam.id dan Padangkita.com, yakni dua media online lokal asal Kota Padang, Sumatra Barat yang menerapkan jurnalisme multiplatform di tengah keterbatasan pekerja redaksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jurnalisme multiplatform di tengah keterbatasan sumber daya manusia di Langgam.id dan Padangkita.com dari tiga aspek, yakni implementasi, manajemen redaksi, dan komodifikasi. Untuk membedah aspek implementasi, peneliti menggunakan konsep jurnalisme multiplatform (Albarran, 2017) dan Teori Konvergensi Media (Pavlik dan McIntosh, 2017). Sementara itu, aspek manajemen redaksi dibedah menggunakan konsep fungsi manajemen redaksi POAC (Terry, 2006; Prasetyo, 2020; Junaedi, 2018), sedangkan aspek komodifikasi dianalisis menggunakan Teori Ekonomi Politik Komunikasi (Mosco, 2009). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan paradigma kritis. Adapun data penelitian dikumpulkan melalui wawancara semiterstruktur, observasi, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan tiga alur analisis Miles dan Huberman (1992). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jurnalisme multiplatform di Langgam.id dan Padangkita.com diimplementasikan sebagai platform distribusi dan model bisnis media. Kemudian, manajemen redaksi dilakukan dengan cara planning, organizing, actuating, dan controlling. Di balik itu, terdapat agenda kepentingan media yang tampak dari adanya praktik komodifikasi konten, komodifikasi audiens, dan komodifikasi pekerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Jurnalisme multiplatform, keterbatasan sumber daya manusia, komodifikasi, Langgam.id, manajemen redaksi, Padangkita.com.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 29 Dec 2022 07:33
Last Modified: 29 Dec 2022 07:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120982

Actions (login required)

View Item View Item