Muqaddam, Muhammad Faqihil (2022) Perumusan Strategi Pemasaran Roasted Coffee Beans IKM Nara Coffee di Jakarta Pusat. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (55kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (281kB) |
|
Text (Bab 6 Kesimpulan)
Bab 6 Kesimpulan.pdf - Published Version Download (34kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (158kB) |
|
Text (Draft Full)
Draft Pasti Faqihil Muqaddam_1810931037.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
IKM Nara Coffee merupakan usaha kecil yang memproduksi roasted beans di Kota Jakarta Pusat. IKM ini memproduksi 2 jenis biji kopi roasted beans yaitu espresso beans dan specialty beans. Banyaknya perusahaan yang menghasilkan produk sejenis membuat IKM Nara Coffee sulit untuk mempertahankan posisi produknya. Kegiatan promosi yang hanya dilakukan pada saat awal berdirinya perusahaan dengan anggapan sudah banyak orang yang mengenal IKM Nara Coffee. Hal ini tentu dapat memicu IKM Nara Coffee mengalami penurunan penjualan pada 6 tahun terakhir yaitu pada tahun 2016-2021 sebesar 4,23% pertahunnya. Apabila kondisi tersebut berlangsung secara terus menerus maka IKM akan megalami kerugian. Oleh karena itu, perlunya perumusan strategi dalam bidang pemasaran untuk meningkatkan penjualan roasted beans di IKM Nara Coffee .Penelitian ini menggunakan metode SWOT dan AHP karena dari metode SWOT dapat mengetahui posisi dari IKM Nara Coffee dan juga dapat mengetahui strategi alternatif yang akan direkomendasikan ke perusahaan. Metode AHP digunakan untuk mengetahui bobot prioritas strategi alternatif yang bisa diutamakan oleh pihak perusahaan IKM Nara Coffee. Dengan menggunakan metode SWOT didapatkan beberapa strategi alternatif yang dapat dilakukan untuk mencegah penurunan penjualan IKM Nara Coffe. Hasil perhitungan Matriks SWOT untuk skor EFE adalah 3,02 dan skor IFE adalah 2,89. Pemetaan menggunakan mariks IE berada pda sel II yang artinya IKM Nara Coffee berada pada posisi tumbuh dan membangun. Hasil dari prioritas strategi pemasaran terpilih pada aspek promosi dengan bobot 0,378 dengan strategi alternatif solusi nya adalah Meningkatkan inovasi pemasaran dengan berbasis online (e-commerce) dengan bobot 0,309.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | S1 Teknik Industri |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 07:02 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 07:02 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120452 |
Actions (login required)
View Item |