Analisis Faktor Penghambat Komersialisasi Produk Hasil Riset di Universitas Andalas

Muhammad Dhaffa, Anshory (2022) Analisis Faktor Penghambat Komersialisasi Produk Hasil Riset di Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (178kB)
[img] Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (TUGAS AKHIR UTUH)
TUGAS AKHIR UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kondisi pasar yang semakin kompetitif dan cenderung mengalami sistem perdagangan global menjadikan produk mengalami keunggulan kompetitif yang berkelanjutan sehingga menjadikan tantangan tersendiri dalam hal pengembangan produk. Saat ini, perusahaan harus mampu berinovasi dengan menginvestasikan hasil penjualan produk setidaknya 22% untuk melakukan riset dan pengembangan. Hal tersebut semakin menjelaskan pentingnya melakukan riset dan pengembangan produk bagi suatu perusahaan. Perusahaan yang membutuhkan riset dan pengembangan produk dapat bekerjasama dengan Perguruan Tinggi sebagai institusi yang aktif dalam kegiatan riset dan pengembangan. Universitas Andalas merupakan salah satu perguruan tinggi yang mendukung adanya kegiatan riset dan pengembangan yang dibuktikan dari adanya kerjasama dengan pelaku usaha. Universitas Adalas memiliki Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) yang bertugas dalam pengelolaan kegiatan penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat. LPPM juga memiliki pusat studi diantaranya adalah Science Techno Park sebagai salah satu Kawasan Sains dan Teknologi (KST). Dalam mencapai tujuannya diperlukan adanya tinjauan kembali terkait identifikasi faktor yang menjadi penghambat komersialisasi produk hasil riset di Universitas Andalas dengan melakukan peninjauan dan analisa terhadap faktor yang menghambat proses komersialisasi produk hasil riset serta agar diperoleh perumusan strategis untuk mengatasi hambatan. Penelitian mengenai faktor penghambat komersialisasi produk hasil riset di Universitas Andalas menggunakan metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP) agar diperoleh prioritas faktor penghambat komersialisasi produk hasil riset. Setelah didapatkannya faktor penghambat komersialisasi produk hasil riset dapat dihasilkan rumusan strategis dari faktor internal dan eksternal menggunakan metode SWOT berdasarkan faktor internal dan eksternal serta empat aspek. Berdasarkan perhitungan, didapatkan prioritas faktor yang paling menghambat komersialisasi yaitu faktor sumber daya dengan perolehan bobot 0,221. Faktor berikutnya yaitu faktor kekayaan intelektual dengan bobot 0,215 dilanjutkan dengan faktor pemasaran dengan perolehan bobot 0,160. Berdasarkan perumusan strategi dengan metode SWOT didapatkan enam perumusan strategi yang dibedakaan berdasarkan kombinasi aspek SWOT. Kata Kunci: produk hasil riset, komersialisasi, faktor penghambat komersialisasi, fuzzy analytical hierarchy process, SWOT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 06 Dec 2022 04:04
Last Modified: 06 Dec 2022 04:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117769

Actions (login required)

View Item View Item