Fitria, Zara (2020) Hubungan Evaluasi Tutor Berdasarkan Presepsi Mahasiswa dengan Kegiatan Belajar Mandiri Mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text
SKRIPSI--abstrak.pdf - Published Version Download (249kB) |
|
Text
SKRIPSI--pendahuluan.pdf - Published Version Download (50kB) |
|
Text
SKRIPSI--penutup.pdf - Published Version Download (34kB) |
|
Text
SKRIPSI--daftar pustaka.pdf - Published Version Download (266kB) |
|
Text
SKRIPSI full watermark.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan kedokteran mengalami perkembangan dan perubahan, salah satunya.dengan menggunakan sistem pembelajaran PBL. Tutor merupakan faktor penting yang mempengaruhi kualitas PBL. Tutor berkontribusi dalam pengembangan kemampuan belajar mandiri mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana hubungan evaluasi tutor dan kegiatan belajar mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross-sectional study. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling, didapatkan sebanyak 100 responden. Data penelitian berupa data primer dengan menggunakan A Short Tutor Evaluation Questionnaire dan Self-study and Reporting Process Questionnaire sebagai alat ukurnya. Data dianalisis secara univariat dan biavariat. Analisis bivariat menggunakan uji chi-square dengan kemaknaan statistik ditentukan jika nilai p < 0,05. Hasil analisis univariat evaluasi tutor berdasarkan presepsi mahasiswa menunjukkan sebanyak 41% responden menilai kurang baik dan 59% responden menilai baik. Hasil evalusi kegiatan belajar mandiri menunjukkan bahwa sebanyak 43% responden menjalankan dengan kurang baik dan 57% responden baik. Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara evaluasi tutor berdasarkan presepsi mahasiswa dengan kegiatan belajar mandiri mahasiswa dengan nilai p=0,02. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang bermakna antara evaluasi tutor berdasarkan presepsi mahasiswa dengan kegiatan belajar mandiri mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dra. Dian Pertiwi, MS |
Uncontrolled Keywords: | Problem based learning, Evaluasi tutor, Kegiatan belajar mandiri mahasiswa |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter |
Depositing User: | S1 Pendidikan Kedokteran |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 06:56 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 06:56 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117710 |
Actions (login required)
View Item |