PENYUSUNAN DETAIL ENGINEERING DESIGN (DED) DAN PERHITUNGAN RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) PADA PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) UJUNG LADANG KABUPATEN KERINCI LANJUTAN

Zurahman Dwi, Nopendra (2022) PENYUSUNAN DETAIL ENGINEERING DESIGN (DED) DAN PERHITUNGAN RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) PADA PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) UJUNG LADANG KABUPATEN KERINCI LANJUTAN. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
1. Cover Laporan Teknik dan abstrak_1.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text
3. Bab I Pendahuluan_2.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text
7. Bab V Kesimpulan dan Saran_3.pdf - Published Version

Download (40kB)
[img] Text
8. Daftar Pustaka_4.pdf - Published Version

Download (117kB)
[img] Text
Laporan Teknik Profesi Insinyur - Zurahman Dwi Nopendra ok_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, pada tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Kerinci melalui Dinas Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Kerinci telah menganggarkan untuk pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ujung Ladang tahap kedua dengan pagu dana Rp.9.205.000.000,- , oleh karena itu perlu dilaksanakan perencanaan yang tepat dan efisien, yang diawali dari perencanaan desain, estimasi biaya, dan waktu pelaksanaan pada saat proses pelaksanaan proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun Detail Engineering Design (DED) dan perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) serta Perencanaan time schedule, kemudian mengetahui sampai dimana pelaksanaan pembangunan RSUD Ujung Ladang Kabupaten Kerinci pada tahap kedua dengan anggaran yang telah ditetapkan. Penelitian dimulai dengan pengumpulan data perencanaan sebelumnya, survey lapangan, dilanjutkan dengan penyusunan gambar, analisa bahan, upah dan alat, menghitung volume dan harga satuan pekerjaan, sehingga tersusunlah Rencana Anggaran Biaya serta time schedule. Hasil perhitungan rencana anggaran biaya Pembangunan RSUD Ujung Ladang Kabupaten Kerinci pada tahap dua ini telah sesuai dengan pagu dana yang telah ditetapkan yaitu Rp. 9.205.000.000,- dengan item pekerjaan Lanjutan Pekerjaan Struktur lantai 1, Lantai 2, ruang IGD dan Rawat Jalan, Pekerjaan Arsitektur ruang IGD Lantai 1 dan lantai 2. Waktu pelaksanaan Pembangunan RSUD Ujung Ladang Kabupaten Kerinci pada tahap dua adalah 120 (seratus dua puluh) hari kalender dan harus selesai paling lambat akhir Desember tahun 2021 dikarenakan sistem kontrak tahun tunggal yang mana pelaksanaan pekerjaannya mengikat dana anggaran selama masa 1 (satu) tahun anggaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: Profesi Insinyur Pasca
Date Deposited: 28 Oct 2022 07:03
Last Modified: 28 Oct 2022 07:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117101

Actions (login required)

View Item View Item