ANALISIS PEMASARAN UBI JALAR MANOHARA DI NAGARI KOTO TINGGI KECAMATAN BASO KABUPATEN AGAM

Eggy, Millenia Permata (2022) ANALISIS PEMASARAN UBI JALAR MANOHARA DI NAGARI KOTO TINGGI KECAMATAN BASO KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrakk.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (BAB. I PENDAHULUAN)
BAB. I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (BAB. V KESIMPULAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (108kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (44kB)
[img] Text (Skripsi Full Eggy Millenia Permata)
SKRIPSI FULL Eggy Millenia UPLOD YG INI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pemasaran memegang peranan penting dalam sistem agribisnis, sebagai usahatani komersial pemasaran ubi jalar manohara akan menentukan keberhasilan dan keberlanjutan usahatani petani. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan saluran, lembaga, dan fungsi pemasaran ubi jalar manohara di Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, (2) menganalisis marjin dan farmer’s share pemasaran, serta (3) menganalisis efisiensi pemasaran yang terbentuk. Metode yang digunakan adalah metode survey. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari petani, pedagang pengumpul dan pedagang pengecer. Pengambilan sampel petani dilakukan dengan metode pengambilan sampel secara sengaja (purposive sampling). Pengambilan sampel pedagang dilakukan dengan metode snowball sampling. Analisis data dilakukan secara kualitatif untuk tujuan pertama, dan analisis kuantitatif untuk tujuan kedua dan ketiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat 3 saluran pemasaran ubi jalar manohara, yaitu Saluran I : Petani – Konsumen antara (Industri Pengolahan Stik ubi), Saluran II: Petani – Pedagang Pengumpul – Konsumen Antara (Pabrik Saus), Saluran III: Petani – Pedagang Pengumpul – Pedagang Pengecer – Konsumen Akhir yang melakukan fungsi pemasaran yang terdiri dari fungsi pertukaran, fungsi fisik dan fungsi fasilitas yang berbeda beda. (2) Nilai margin pemasaran terkecil terdapat pada saluran I yaitu Rp 0 dan nilai farmer’s share terbesar terdapat pada saluran I yaitu sebanyak 100% (3) nilai persentasi efisiensi pemasaran terkecil terdapat pada saluran I dengan nilai 12,16%. Disarankan kepada petani sebaiknya memasarkan ubi jalar manohara mereka pada saluran I karena dari tingkat efisiensi pemasaran, saluran I lebih efisien dibanding saluran lainnya dan kepada pemerintah yang terkait diharapkan untuk dapat memberikan sosialisasi untuk memperluas agroindustri ubi untuk mengolah ubi menjadi berbagai produk turunannya supaya pasar petani pada saluran I meningkat jumlahnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Yusri Usman, M.S
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 26 Oct 2022 07:34
Last Modified: 26 Oct 2022 07:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/116231

Actions (login required)

View Item View Item