Sabila, Nurpajriani (2022) ANALISIS PERAMALAN TINGKAT PENJUALAN KERIPIK PISANG PAK DJ PADA UMKM DARMA JAYA KOTA JAMBI. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover & Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (77kB) |
|
Text (BAB I - Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (158kB) |
|
Text (BAB V - Kesimpulan dan Saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (53kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (133kB) |
|
Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL - SABILA NURPAJRIANI FIXX.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil dari UMKM Darma Jaya dan untuk mengetahui potensi pengembangan penjualan pada semua varian rasa keripik pisang Pak DJ berdasarkan hasil ramalan penjualan. Adapun penelitian menggunakan metode deskriptif dan dengan menggunakan metode Box-Jenkins (ARIMA) yang diolah dengan bantuan software Stata 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Darma Jaya merupakan UMKM yang berdiri sejak 2007 yang memproduksi keripik pisang dengan berbagai varian rasa, serta mengalami penjualan yang berfluktuasi sesuai dengan kondisi yang terjadi yang dapat mempengaruhi. Kemudian, peramalan penjualan dilakukan terhadap semua varian rasa keripik pisang Pak DJ. Semua varian rasa memiliki tren yang naik, kecuali varian rasa asin gurih yang cenderung menurun namun telah bersifat stasioner. Selama periode Januari-Mei 2022, varian rasa cokelat dengan ARIMA(0,1,0), rasa kopi dengan ARIMA(1,1,1), dan rasa asin gurih dengan ARIMA(0,0,1) memiliki hasil peramalan yang membentuk pola tren naik, sedangkan varian rasa balado dengan ARIMA(0,1,0) dan rasa jagung manis dengan ARIMA(0,1,1) memiliki pola tren yang menurun. Namun secara aktual, semua varian rasa keripik pisang Pak DJ memiliki tren yang naik. Varian rasa cokelat, balado, kopi, dan jagung manis yang berada pada tahap kedewasaan memiliki potensi penjualan yang masih bisa ditingkatkan dan dikembangkan dengan strategi memodifikasi pasar, produk, dan bauran pemasaran. Sedangkan varian rasa asin gurih yang berada pada tahap penurunan memiliki potensi penjualan yang menurun dan diperlukan strategi dari segi kualitas produk, kemasan, harga, dan promosi, serta pengkajian ulang dan perbaikan pada rencana pemasaran dan produksi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Widya Fitriana, S.P., M.Si |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | s1 agribisnis agribisnis |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 07:39 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 07:39 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/116177 |
Actions (login required)
View Item |