ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, DAN MANAJEMEN PENGETAHUAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM PENGOLAH KOPI DI KABUPATEN TANAH DATAR

Fayi, Afifah (2022) ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, DAN MANAJEMEN PENGETAHUAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM PENGOLAH KOPI DI KABUPATEN TANAH DATAR. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
Fayi Afifah_Tesis FINAL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kinerja pemasaran dapat ditingkatkan dengan melakukan perbaikan terhadap pemasaran dan manajemen usaha, kewirausahaan usaha, dan peningkatan keunggulan bersaing usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kondisi dan menganalisis pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan manajemen pengetahuan melalui keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran UMKM Pengolah Kopi di Kabupaten Tanah Datar. Jenis data yang digunakan adalah data cross section. Data diperoleh dari kuisioner dan wawancara kepada 87 responden. Variabel penelitian antara lain orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, manajemen pengetahuan, keunggulan bersaing, dan kinerja pemasaran. Analisis data menggunakan metode analisis SEM (Structural Equation Model) menggunakan aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil penelitian memperlihatkan UMKM Pengolah Kopi Kabupaten Tanah Datar memiliki orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan manajemen pengetahuan yang baik, memiliki keunggulan bersaing yang tinggi, namun memiliki kinerja pemasaran yang rendah. Orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan manajemen pengetahuan mempengaruhi kinerja pemasaran usaha. Keunggulan bersaing tidak mempengaruhi kinerja pemasaran usaha. Orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan tidak mempengaruhi keunggulan bersaing. Manajemen pengetahuan memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan keunggulan bersaing usaha. Keunggulan bersaing tidak memiliki pengaruh mediasi antara orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan manajemen pengetahuan dengan kinerja pemasaran. Disarankan agar pemerintah ikut andil dalam memberikan pendidikan kepada para pelaku usaha agar dapat meningkatkan kinerja pemasaran dan juga disarankan kepada peniliti selanjutnya untuk memasukkan variabel lain diluar variabel penelitian ini yang diduga mampu mempengaruhi kinerja pemasaran

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Nofialdi, M.Si
Uncontrolled Keywords: orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, manajemen pengetahuan, keunggulan bersaing, kinerja pemasaran.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu ekonomi pertanian
Date Deposited: 26 Oct 2022 04:00
Last Modified: 26 Oct 2022 04:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/116172

Actions (login required)

View Item View Item