PENGARUH BEBERAPA EKSTRAK BENALU (Scurrula ferruginea (Jack) Danser)PADA TANAMAN KOPI TERHADAP MIKROBA UJI SERTA POTENSI ANTIOKSIDANNYA

Shania, Refka Fandesti (2022) PENGARUH BEBERAPA EKSTRAK BENALU (Scurrula ferruginea (Jack) Danser)PADA TANAMAN KOPI TERHADAP MIKROBA UJI SERTA POTENSI ANTIOKSIDANNYA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (360kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Daun benalu (Scurrula ferruginea (Jack) Danser) pada tanaman kopi merupakan salah satu tanaman yang diketahui berkhasiat sebagai antimikroba dan antioksidan karena memiliki kandungan senyawa flavonoid, tannin, saponin dan alkaloid. Benalu telah banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional anti kanker, diare dan penyakit infeksi lainnya. Sejauh ini, belum ada penelitian mengenai cara ekstraksi terbaik dari benalu pada tanaman kopi terhadap aktivitas antimikroba serta antioksidannya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh ekstraksi terbaik dari daun benalu (S. ferruginea (Jack) Danser) pada tanaman kopi dalam aktivitas antimikroba serta potensi antioksidannya. Penelitian ini menggunakan metode eksperiment pola nested dengan 2 faktor 3 kali pengulangan. Hasil penelitian aktivitas antimikroba tertinggi ditunjukkan oleh pemberian ekstrak segar yang berbeda nyata pada mikroba uji S. aureus (13,5 mm) dan E. coli (12,18 mm). KHM dari ekstrak daun benalu S. ferruginea pada tanaman kopi terhadap E. coli dan S. aureus adalah 12,5%, sedangkan KHM untuk C. albicans dan KBM untuk semua mikroba uji tidak ditemukan. Cara ekstraksi terbaik ditunjukkan pada ekstrak segar yang memiliki daya hambat terbesar pada semua mikroba uji dengan kandungan total polifenol 64 mg GAE/g dan nilai antioksidan kategori sedang sebesar 123,8 µg/mL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. phil.nat Nurmiati
Uncontrolled Keywords: Antimikroba, Antioksidan, Benalu Kopi, Ekstraksi, KHM, KBM
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 07 Oct 2022 07:41
Last Modified: 07 Oct 2022 07:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114321

Actions (login required)

View Item View Item