Analisis hubungan pemanfaatan buku Maternal and Child Health (MCH), kuantitas, dan kualitas antenatal care dengan tingkat gawat darurat maternal di RSUP Dr. M. Djamil Padang

Ningsih, Rena Afri (2022) Analisis hubungan pemanfaatan buku Maternal and Child Health (MCH), kuantitas, dan kualitas antenatal care dengan tingkat gawat darurat maternal di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
1. COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text (Bab I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (344kB)
[img] Text (Bab VII)
3. BAB VII.pdf - Published Version

Download (391kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (486kB)
[img] Text (Full Text)
5. TESIS RENA AFRI NINGSIH OKTOBER 2022 WATERMARK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Gawat darurat maternal merupakan kondisi yang mengancam jiwa ibu dan janin. Beberapa upaya pencegahan kasus gawat darurat maternal yaitu pemeriksaan antenatal care (ANC) tepat waktu, sesuai standar, dan dilengkapi dengan buku Maternal and Child Health (MCH). Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara pemanfaatan buku MCH, kuantitas, dan kualitas ANC dengan tingkat gawat darurat maternal di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Metode penelitian yang digunakan mixed method (metode kombinasi) dengan desain sequential explanatory. Penelitian kuantitatif menggunakan desain cross sectional. Responden berjumlah 108 ibu di PONEK RSUP Dr. M. Djamil Padang periode Mei-Juli 2022, teknik pengambilan sampel secara consecutive sampling. Analisis data menggunakan uji chi square. Data kualitatif diperoleh melalui indepth interview dan dianalisis secara thematic analysis. Hasil penelitian 43,5% responden tidak memanfaatkan buku MCH dengan efektif, 26,9% kuantitas ANC < 6 kali, 18,5% kualitas ANC tidak baik, dan 11,1% triase berwarna merah. Terdapat hubungan antara pemanfaatan buku MCH (p-value 0,043), kuantitas ANC (p-value <0,001), kualitas ANC (p-value 0,044) dengan tingkat gawat darurat maternal di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Tidak semua ibu mendapat penjelasan manfaat buku MCH, sebagian besar ibu tidak membaca buku MCH, ibu memiliki persepsi buku MCH mampu mencegah kasus gawat darurat maternal. Ibu merasa puas dengan kualitas pelayanan ANC yang diterimanya. Terdapat hubungan pemanfaatan buku MCH, kuantitas, dan kualitas ANC dengan tingkat gawat darurat maternal di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Sebagian ibu tidak mendapatkan penjelasan dari tenaga kesehatan mengenai manfaat buku MCH. Ibu puas dengan pelayanan ANC yang diterimanya, meskipun belum mampu mendeteksi kasus gawat darurat maternal.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. dr. Yusrawati, Sp.OG, Subsp, KFM(K)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: S2 Kebidanan kebidanan
Date Deposited: 06 Oct 2022 08:19
Last Modified: 06 Oct 2022 08:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114173

Actions (login required)

View Item View Item