SISTEM OTOMASI PENGENDALIAN IRIGASI DAN PEMANTAUAN LAHAN SAWAH MENGGUNAKAN SENSOR WATER LEVEL DAN ESP32-CAM DENGAN NOTIFIKASI VIA TELEGRAM

Wildatul, Husna (2022) SISTEM OTOMASI PENGENDALIAN IRIGASI DAN PEMANTAUAN LAHAN SAWAH MENGGUNAKAN SENSOR WATER LEVEL DAN ESP32-CAM DENGAN NOTIFIKASI VIA TELEGRAM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Wildatul Husna_Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (75kB)
[img] Text (BAB I)
Wildatul Husna_BAB I.pdf - Published Version

Download (57kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Wildatul Husna_KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (48kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Wildatul Husna_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (62kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Wildatul Husna_Draft Skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Telah dihasilkan prototipe sistem otomasi pengendalian irigasi dan pemantauan lahan sawah dengan notifikasi via Telegram. Sistem ini dibuat agar dapat membantu pengembangan sistem irigasi dan pemantauan lahan sawah sehingga memudahkan petani dalam mengontrol dan memantau kondisi air serta lahan sawah dari jarak jauh. Prototipe dirancang menggunakan mikrokontroler Arduino Uno, motor servo, ESP32-Cam, dan sensor water level. Nilai analog yang dihasilkan oleh sensor water level dikonversi menjadi nilai ketinggian air, kemudian data tersebut diproses oleh Arduino Uno dengan menggunakan bahasa pemrograman Arduino IDE. Pada penelitian ini terdapat 2 pintu yang digerakkan oleh motor servo secara otomatis yaitu pintu irigasi 1 dan pintu irigasi 2. Pintu irigasi 1 merupakan pintu masuknya air yang akan mengalir ke sawah dan pintu irigasi 2 untuk membuang air irigasi agar tidak masuk ke sawah. Saat air sawah dalam kondisi sangat kering atau melimpah, secara otomatis motor servo menggerakkan pintu 1 atau pintu 2 dan notifikasi ketinggian air serta foto lahan sawah terkirim ke aplikasi Telegram melalui modul Wi-Fi ESP32-Cam. Saat air sawah dalam kondisi kering, motor servo membuka pintu 1 dan menutup pintu 2. Saat kondisi normal motor servo menutup pintu 1 dan pintu 2, serta saat kondisi sawah tergenang motor servo membuka pintu 2 dan menutup pintu 1. Prototipe ini juga dapat dikontrol dari jarak jauh dengan menekan fitur perintah yang tersedia di Telegram petani. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa sensor water level dapat mendeteksi ketinggian air dengan rentang (0-4) cm dan ESP32-Cam dapat terhubung dengan koneksi Wi-Fi dengan jarak maksimum 23 m.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Wildian, M.Si
Uncontrolled Keywords: prototipe, sensor water level, pintu irigasi, otomatis, Telegram
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:07
Last Modified: 30 Sep 2022 03:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/113803

Actions (login required)

View Item View Item