Vinny, Alvia (2016) Strategi marketing public relations (MPR) Hotel Santika Bengkulu dalam meningkatkan jumlah penghuni. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Abstrak)
5. i. ABSTRAK vinny.pdf - Published Version Download (118kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (442kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (281kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI_LENGKAP.PDF - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Persaingan bisnis perhotelan untuk memperebutkan pelanggan pada saat ini tidak lagi terbatas pada atribut fungsional jasa, melainkan sudah dikaitkan dengan fasilitas yang mampu memberikan citra khusus bagi pelanggannya. Pada tingkat persaingan yang makin kuat, fasilitas memberikan kontribusi menciptakan dan menjaga daya saing sebuah jasa. Hotel Santika Bengkulu membutuhkan strategi marketing public relations dalam menghadapi persaingan bisnis perhotelan untuk memperebutkan pelanggan dan meningkatkan jumlah huniannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi marketing public relations Hotel Santika Bengkulu dalam meningkatkan jumlah hunian dan hambatan komunikasi dalam melakukan strategi MPR tersebut dengan menggunakan model komunikasi dalam public relationsdan teori promotion mix (bauran promosi), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Pegumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan pihak hotel seperti general manager, marketing, public relations, dan human resource serta tamu hotel yang menjadi triangulasi sumber. Hasil yang dicapai dari penelitian ini menunjukan bahwa Hotel Santika Bengkulu telah menerapkan strategi marketing public relations yang digolongkan dalam strategi promotion mix (bauran promosi). Kegiatan MPR yang dilaksanakan oleh Hotel Santika Bengkulu yaitu dengan menggunakan iklan media cetak dan elektronik,melakukan sales call ke kantor-kantor,memberikan sponsor untuk berbagai kegiatan,mengadakan aktivitas layanan sosial,media identitas,direct marketing melalui situs website travel agent dan via mobile,dan melaksanakan PR internal untuk membangun hubungan yang baik antar karyawan. Hambatan komunikasi yang ada yaitu kurangnya staf kerja dan kurangnya pemahaman mengenai public relations seperti tidak adanya latar belakang yang berkaitan dengan public relations,kurangnya fasilitas graphic design, dan seringnya terjadi kesalahpahaman antar karyawan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 24 Jun 2016 07:10 |
Last Modified: | 24 Jun 2016 07:10 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11308 |
Actions (login required)
View Item |