Nugroho, Wasispratama (2016) Evaluasi Implementasi Kebijakan Pembentukan Gugus Sekolah Dasar oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan pada Periode 2013-2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Abstrak)
ABTRAK.pdf - Published Version Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (247kB) | Preview |
|
|
Text (BAB VI)
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (44kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Nugroho Wasispratama, No. BP: 1110842017, Evaluasi Implementasi Kebijakan Pembentukan Gugus Sekolah Dasar oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan pada Periode 2013-2018, Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2016. Dibimbing oleh: Rozidateno Putri Hanida, S.IP, M.PA dan Ilham Aldelano Azre, S.IP, MA. Skripsi ini terdiri dari 144 halaman dengan referensi 10 buku teori, 3 buku metode, 3 Undang-Undang, 1 Peraturan Pemerintah, 3 Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, 1 Surat Keputusan, 5 skripsi, dan 6 dokumen Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi implementasi pembentukan gugus Sekolah Dasar oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan pada periode 2013-2018. Pembentukan gugus sekolah dasar merupakan salah satu upaya untuk percepatan peningkatan kemampuan dan profesionalitas guru sekolah dasar. Namun sejauh ini, pembentukan gugus masih berorientasi kepada pembuatan soal yang bermuara pada peningkatan nilai siswa dan tidak terlalu fokus pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia guru. Dokumen yang seharusnya dimiliki gugus sekolah dasar juga masih sangat minim. Fenomena tersebut mengindikasikan bahwa terdapat permasalahan, sehingga perlu dilihat evaluasi implementasi dari kebijakan ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Untuk mendeskripsikan evaluasi implementasi tersebut dilakukan teknik triangulasi sumber. Teori yang peneliti gunakan diturunkan dari Merilee S. Grindle yang terdiri dari dua variabel yakni Isi kebijakan (Content of Policy) dan Variabel Lingkungan (Context of Policy). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi kebijakan pembentukan gugus sekolah dasar di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi sudah berjalan dengan baik. Namun ada beberapa hal yang mesti diperbaiki, seperti mulai memperbaiki sistem administrasi yang ada di gugus, memastikan Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) bisa berkoordinasi dengan gugusnya masing-masing, menciptakan panduan baru kegiatan gugus sekolah, dan melibatkan komite sekolah dalam seluruh kegiatan gugus. Dampak yang diharapkan dari berlangsungnya kebijakan ini yakni perataan kualitas pendidik dan sekolah belum sepenuhnya tercapai, namun masih dalam tahap menuju pemerataan kualitas. Kata Kunci : Evaluasi Implementasi, Pembentukan Gugus Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | s1 ilmu administrasi negara |
Date Deposited: | 27 Jun 2016 06:20 |
Last Modified: | 27 Jun 2016 06:20 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11290 |
Actions (login required)
View Item |