Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keikutsertaan Wanita Usia Subur (WUS) dalam Program Keluarga Berencana di Wilayah Kerja Puskesmas Alai, Kota Padang

Nurhaslinda, Sirazudeen (2022) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keikutsertaan Wanita Usia Subur (WUS) dalam Program Keluarga Berencana di Wilayah Kerja Puskesmas Alai, Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (79kB)
[img] Text (Bab 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text (Bab 7 (Penutup))
BAB 7 (Penutup).pdf - Published Version

Download (90kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Text Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Keluarga Berencana (KB) adalah program pemerintah yang dirancang untuk menyeimbangkan antara kebutuhan dan jumlah penduduk. KB secara umum dapat diuraikan sebagai suatu usaha yang mengatur jumlah kelahiran untuk mengurangi risiko akibat dari kehamilan. Alat kontrasepsi adalah alat yang digunakan untuk mengatur jarak kehamilan dan mengendalikan kelahiran. Keikutsertaan wanita dalam program KB adalah berhubungan dengan faktor internal dan eksternal. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross-sectional. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Alai, Kota Padang dengan jumlah sampel sebanyak 105 orang Wanita Usia Subur (WUS) yang sudah menikah. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner faktor internal dan eksternal yang berhubungan dengan keikutsertaan WUS dalam program keluarga berencana, kemudian dianalisis menggunakan uji chi-square. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa responden yang menjadi akseptor KB lebih banyak daripada responden yang bukan akseptor KB. Faktor internal pada penelitian ini menunjukkan responden mayoritas dari kelompok usia berisiko, pendidikan terakhir adalah tinggi, banyak responden dengan status tidak bekerja, tingkat pengetahuan baik dan jumlah anak 0-2 orang. Faktor eksternal menunjukkan responden mayoritas mendapatkan dukungan dari suami dan lebih dari setengah responden memiliki status ekonomi rendah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan pada faktor umur, tingkat pengetahuan, dukungan suami dan status ekonomi sedangkan tidak terdapat hubungan yang bermakna pada faktor pendidikan, pekerjaan dan jumlah anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. dr. Eryati Darwin, PA(K)
Uncontrolled Keywords: Program Keluarga Berencana, Alat Kontrsepsi, Faktor Internal, Faktor Eksternal
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 21 Sep 2022 06:56
Last Modified: 21 Sep 2022 06:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/112741

Actions (login required)

View Item View Item