Ashya, Fadillah (2022) Studi Literatur: Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Melakukan Tindakan Whistleblowing. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover+Abstrak)
Cover+Abstrak.pdf - Published Version Download (237kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (106kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (58kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (187kB) |
|
Text (Skripsi Fulltext)
1810532063_Ashya Fadillah_Skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (938kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi motivasi, teori dan variabel yang digunakan dalam meneliti niat mahasiswa melakukan tindakan whistleblowing di Indonesia. Penelitian dilakukan dengan metode studi literatur yang melibatkan 19 artikel yang telah dipublikasikan. Hasil studi ini menunjukkan bahwa motivasi utama terkait riset whistleblowing adalah karna banyaknya terjadi fraud, pentingnya peran whistleblower dan lemahnya perlindungan terhadap whistleblower. Kemudian terkait teori yang ditemukan terdapat empat teori yang sering digunakan dalam riset whistleblowing. Selanjutnya, teridentifikasi 15 variabel yang berpengaruh terhadap niat mahasiswa melakukan whistleblowing. Temuan tersebut mengimplikasikan bahwa masih terdapat beberapa penelitian yang meneliti variabel sejenis, selain itu, juga terdapat peneliti yang tidak menggunakan teori dalam penelitiannya. Riset ini memberikan konstribusi sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya, dan membantu sebagai bahan pertimbangan pembuatan keputusan terkait whistleblowing. Kata Kunci: whistleblowing, mahasiswa, niat whistleblowing.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Fauzan Misra, M.Sc., Ak., CA., BKP |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | S1 Akuntansi Akuntansi |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 03:30 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 03:30 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111942 |
Actions (login required)
View Item |