Fadilla, Riski (2022) ADAPTASI BELAJAR DARING AKIBAT PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Andalas di Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover & Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (44kB) |
|
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I (1).pdf - Published Version Download (446kB) |
|
Text (Bab V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version Download (18kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (171kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Full Skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Sejak penyebaran covid-19 telah memberikan dampak terhadap sistem pendidikan di perguran tinggi salah satunya penerapan belajar daring. Belajar daring telah mengubah aktivitas belajar bagi mahasiswa yang semulanya dilakukan di universitas, dan saat ini dialihkan daring. Tujuan penelitian ini menjelaskan aktivitas belajar mahasiswa selama belajar daring (online) dan adaptasi yang dilakukan mahasiswa dalam menghadapi belajar daring. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mandalam, observasi dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling yang mana informan terbagi menjadi dua yiatu informan pengamat dan informan pelaku. Analisis data dilakukan dengan kerangka konseptual adaptasi dari Ahimsa. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa belajar daring telah menyebabkan penyesuiaan belajar di Universitas Andalas salah satunya dengan penerapan perangkat lunak sebagai sarana belajar antara mahasiswa dan tenaga pengajar. Perangkat lunak ini digunakan sebagai suatu cara dalam penyesuaian penyampaian materi, pembuatan tugas dan penerapan ujian.Sejak penerapan media sebagai sarana perkuliahan tempat belajar antara mahasiswa dengan tenaga pengajar telah mengalami penyesuaian yang semulanya berpusatkan di kampus. Saat ini perkuliahan dapat dilakukan di rumah dan pada tempat-tempat umum seperti cafeteria dan bahkan ditemukan pada saat dalam perjalanan. Disamping perubahan tempat, perkuliahan online juga telah menyebabkan penyesuaian waktu pembelajaran yang terkadang dilakukan pada malam hari. Keberadaan perkuliahan tatap muka virtual juga telah menyebabkan penyesuaian mahasiswa dalam mendapatkan materi yang sebelumnya didapatkan secara langsung di dalam kelas maupun pada sarana fasilitas yang berada di universitas. Saat ini mahasiwa lebih banyak mencari berbagai sumber bacaan buku melalui internet, dan pemanfaatan recording perkulihaan. Dalam upaya mempertahankan hubungan sosial antara mahasiswa dengan mahasiswa dan mahasiswa dengan tenaga pengajar. Ada beberapa hal yang dilakukan mahasiwa dalam menjalin hubunga sosial selama penerapan belajar daring yaitu dengan cara belajar dan ujian bersama-sama secara langsung dalam satu kontrakan atau jurusan. Kondisi ini biasanya mahasiswa tidak hanya melakukan kegiatan perkuliahan melainkan juga mempererat hubugan sosial antar mahasiswa seperti melakukan berbagai kegiatan bersama-sama seperti makan bersama, mengerjakan tugas bersama-sama, dan biasanya ditutup dengan kegiatan jalan-jalan bersama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Syahrizal, M.Si. |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) > D204 Modern History |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi |
Depositing User: | s1 antropologi sosial |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 08:25 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 08:25 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110834 |
Actions (login required)
View Item |