Hubungan Stres Akademik dengan Kualitas Tidur pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program A S1 Fakultas Keperawatan Universitas Andalas

Sucika, Apreliza (2022) Hubungan Stres Akademik dengan Kualitas Tidur pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program A S1 Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (100kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (159kB)
[img] Text (Skripsi Utuh Sucika Apreliza)
SKRIPSI UTUH SUCIKA APRELIZA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa tingkat akhir lebih rentan mengalami stres akademik karena peningkatan beban dan kesulitan akademik yang dihadapinya. Stres yang dirasakan oleh mahasiswa tingkat akhir ini sering berdampak pada kualitas tidur mahasiswa menjadi buruk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan, arah, dan kekuatan hubungan antara stres akademik dengan kualitas tidur pada mahasiswa tingkat akhir Program A S1 Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Jenis penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 91 mahasiswa yang dipilih dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) dan Student Academic Stress Scale (SASS). Analisis data menggunakan uji pearson. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa rerata kualitas tidur sebesar 8,99 dalam kategori kualitas tidur buruk dan rerata stres akademik 137,24 dalam kategori stres akademik sedang. Terdapat hubungan yang bermakna antara stres akademik dengan kualitas tidur pada mahasiswa tingkat akhir Program A S1 Fakultas Keperawatan Universitas Andalas dengan kekuatan hubungan sedang dan arah hubungan positif, artinya semakin tinggi stres akademik maka semakin buruk kualitas tidur (p = 0,000, r = 0,506). Disarankan kepada mahasiswa tingkat akhir agar dapat melakukan koping manajemen stres dengan baik agar dapat mengurangi stres akademik dan memperbaiki kualitas tidur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Rika Sarfika, S.Kep., M.Kep
Uncontrolled Keywords: Kualitas tidur, Mahasiswa Tingkat Akhir, Stres Akademik
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 26 Aug 2022 02:16
Last Modified: 26 Aug 2022 02:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110439

Actions (login required)

View Item View Item