Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Batiah Ubi Pada Usaha Mikro Eda Tanjung Di Kabupaten Sijunjung

Waznil, Jannah (2022) Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Batiah Ubi Pada Usaha Mikro Eda Tanjung Di Kabupaten Sijunjung. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP BATIAH UBI PADA USAHA MIKRO EDA TANJUNG DI KABUPATEN SIJUNJUNG_compressed.pdf - Published Version

Download (49kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (BAB V Kesimpulan)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Text (Fulltext Skripsi Waznil Jannah)
Upload SKRIPSI Waznil Jannah 1810221015.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Berkembangnya usaha Batiah Ubi menimbulkan banyaknya pesaing baru. Hal ini mengharuskan perusahaan untuk meningkatkan kualitas dan kinerjanya agar dapat mempertahankan posisi pasar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakteristik konsumen produk Batiah Ubi usaha mikro Eda Tanjung, (2) menganalisis kepuasan konsumen terhadap produk Batiah Ubi usaha mikro Eda Tanjung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik non probability yaitu accidental sampling. Alat analisis yang digunakan adalah dan metode Customer Satisfaction Indek (CSI) dan metode Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebagian besar konsumen Batiah Ubi berjenis kelamin perempuan, berusia 36-50 tahun, sudah menikah, memiliki jumlah anggota keluarga 4 orang, pendidikan terakhir SMP, pekerjaan sebagai ibu rumah tangga, berpendapatan sekitar < Rp 1.300.000/bulan, dan berdomisili di Kabupaten Sijunjung. Hasil Importance Performance Analysis (IPA) menunjukkan bahwa atribut yang harus diperbaiki adalah daya tahan produk dan ketersediaan produk. Berdasarkan nilai indeks kepuasan konsumen atau Customer Satisfaction Index (CSI) diketahui bahwa nilai CSI adalah 0,84 yang berada pada rentang nilai 0,81-1,0 artinya keseluruhan atribut produk Batiah Ubi usaha mikro Eda Tanjung telah memuaskan konsumen. Adapun saran yang diberikan adalah diharapkan usaha mikro Batiah Ubi Eda Tanjung dapat mempertahankan kinerja pada atribut yang memiliki tingkat kepentingan tinggi dan kinerja yang tinggi, memperbaiki dan mengembangkan kinerja pada atribut prioritas utama yaitu ketahanan produk dan ketersediaan produk sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen terhadap produk Batiah Ubi usaha mikro Eda Tanjung. Kata kunci : Produk Batiah Ubi, Karakteristik Konsumen, Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr. Ir. Melinda Noer, M.Sc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 18 Aug 2022 07:43
Last Modified: 18 Aug 2022 07:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109344

Actions (login required)

View Item View Item