Zein, Shabrina Aulia (2022) PENILAIAN TINGKAT KELAYAKHUNIAN DARI SEGI TRANSPORTASI DI PERUMAHAN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (809kB) |
|
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (181kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V (1).pdf - Published Version Download (53kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf - Published Version Download (263kB) |
|
Text (Full Text)
FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Perumahan adalah kumpulan rumah sebagai bagian dari permukiman, baik perkotaan maupun pedesaan, yang dilengkapi dengan prasarana, sarana, dan utilitas umum sebagai hasil upaya pemenuhan rumah yang layak huni. Faktor-faktor seperti pendapatan, lingkungan, fasilitas kota, transportasi, dan akses menuju tempat kerja dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan tempat tinggal seseorang. Hal ini mendorong pemerintah untuk membangun kawasan tempat tinggal yang nyaman untuk dihuni atau yang biasa dikenal dengan istilah liveable city yang merupakan bagian dari program pembangunan berkelanjutan. Salah satu sektor yang cukup menyita perhatian dalam perwujudan pembangunan berkelanjutan ini adalah sektor transportasi. Hal ini disebabkan sektor transportasi memiliki dampak langsung terhadap kondisi lingkungan tempat tinggal. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui pencapaian dukungan transportasi dalam mewujudkan liveable city di wilayah perumahan Kota Padang, Sumatera Barat. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan dua cara yaitu dengan observasi lapangan dan penyebaran kuesioner secara langsung ke perumahan. Selanjutnya, data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan analisis kuantitatif sehingga bisa didapatkan nilai index liveability perumahan Kota Padang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa wilayah perumahan Kota Padang merupakan suatu wilayah yang tergolong cukup layak huni dengan nilai rata-rata index liveability sebesar 3,36 dan persentase sebesar 67,2%. Adapun indikator liveable city yang memiliki nilai tertinggi yaitu indikator kenyamanan lalu lintas dengan variabel yang ditinjau yaitu lalu lintas lancar dan jalan perumahan yang tenang dan aman. Sedangkan, indikator liveable city yang memiliki nilai terendah yaitu indikator jarak dan waktu tempuh ke tempat tujuan dengan variabel yang ditinjau yaitu jarak ke pusat kota / pusat aktivitas dan jarak ke halte bus. Namun, walaupun hasil capaian dukungan transportasi di wilayah perumahan ini sudah cukup baik, tetap diharapkan kepada pemerintah dan juga masyarakat untuk dapat meningkatkan lagi kinerja dalam mewujudkan Kota Padang menjadi wilayah yang layak huni karena masih ada beberapa aspek yang sangat minim, baik dari segi fisik maupun non fisik. Kata Kunci: Kota Padang, Perumahan, Liveable City, Transportasi, Statistik Deskriptif
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Sipil |
Depositing User: | s1 Teknik Sipil |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 08:09 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 08:09 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107087 |
Actions (login required)
View Item |