Kaji Eksperimental Peningkatan Frekuensi Pribadi Pada Pesawat Tanpa Awak Tipe Fixed Wing Dengan Penambahan Spar Profil T

Hances, Fernandesz (2022) Kaji Eksperimental Peningkatan Frekuensi Pribadi Pada Pesawat Tanpa Awak Tipe Fixed Wing Dengan Penambahan Spar Profil T. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstract.pdf - Published Version

Download (57kB)
[img] Text (Bab 1)
2. Bab 1.pdf - Published Version

Download (93kB)
[img] Text (Bab 5)
3. Bab 5.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (134kB)
[img] Text (Tugas Akhir)
TA Sidang 1710912019 Hances Fernandesz.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada pengujian struktur pesawat tanpa awak yang mengalami pembebanan dinamik, faktor utama yang mempengaruhinya antara lain frekuensi pribadi, modus getar dan respon getaran. Pembebanan dinamik yang ditunjukkan pesawat meningkatkan interaksi dinamika benda kaku dan modus getar struktural. Apabila pembebanan dinamik yang terjadi mendekati frekuensi pribadi dari struktur sayap pesawat maka akan terjadi flutter atau resonansi pada sayap yang membuat amplitudo getaran pada sayap semakin membesar hingga menyebabkan kerusakan pada wahana. Untuk menghindari kondisi ini dapat meningkatkan kekakuan pada struktur pesawat dengan penambahan spar pengaku profil T, sehingga nilai frekuensi pribadi juga semakin meningkat. Penelitian sebelumnya telah melakukan simulasi bahwa, spar pengaku yang lebih optimum dalam meningkatkan kekakuan struktur tanpa mengalami penambahan massa secara signifikan adalah spar pengaku profil T. Pada penelitian ini dilakukan secara eksperimental terhadap pesawat tanpa awak tipe fixed wing dengan penambahan spar profil T. Tujuan utama dari tugas akhir ini membuat model pesawat tanpa awak dengan penambahan spar profil T dan mendapatkan nilai frekuensi pribadi secara eksperimental. Selain itu juga mendapatkan respon getaran dan bentuk modus getar dari struktur pesawat. Setelah itu, hasil dari pengujian tersebut dibandingkan dengan hasil tanpa penambahan spar profil T. Pada Tugas Akhir ini didapatkan nilai frekuensi pribadi pertama hingga kelima struktur pesawat berdasarkan hasil pengujian masing - masing adalah 74.01 Hz, 112 Hz, 216 Hz, 244 Hz dan 277 Hz. Nilai error frekuensi pribadi hasil pengujian dengan simulasi masing - masing adalah 1.78%, 3.60%, 5.48%, 5.80%, dan 0.98%. Hasil respon getaran nodal menyatakan amplitudo pesawat dengan spar profil T lebih kecil dibandingkan pesawat tanpa spar profil T.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Lovely Son
Uncontrolled Keywords: flutter, spar profil T, frekuensi pribadi, amplitudo, kekakuan, respon getaran, nodal.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 13 Jun 2022 04:42
Last Modified: 13 Jun 2022 04:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105363

Actions (login required)

View Item View Item